oleh

HUT Samudera, Lantamal IV Tanjungpinang Tabur Bunga

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Lantamal IV Tanjungpinang menggelar acara tabur bunga dalam rangka memperingati hari Samudera diawali kejadian pada 15 Januari tahun 1962, dimana terjadi pertempuran laut Aru pertempuran Heroik KRI Kapal Macan Tutul dengan Karel Doorman sehingga prajurit Matra Laut ditetapkan oleh negara dan pemimpin Angkatan Laut sebagai Hari Darma Samudera.

Menurut Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama R. Eko Suyatno, Tanjungpinang juga memperingati keheroikan para pendahulu TNI Angkatan Laut yang telah mempertahankan kedaulatan saat menghadapi kapal belanda waktu itu di laut.

Selain itu, Eko juga menghadirkan sanak saudara, istri para pejuang yang gugur dalam perang tersebut, dimana ada 5 orang yang terdata anggota keluarga ABK Kapal KRI Macan Tutul yang berada di Tanjungpinang.

“Ada perwakilan 5 orang yang digariskan oleh angkatan laut dan mereka adalah keluarga besar dari ABK KRI Macan Tutul. Lima orang yang terdata oleh kita dan angkatan laut menyampaikan tali asih kepada keluarga para pejuang,” ucap Eko.

Sementara harapan Eko, kedepan prajurit matra laut mengambil surih teladannya dari KRI Macan Tutul dengan nilai-nilai heroiknya, serta nilai tauladannya yang diimplementasikan dengan situasi kekinian. (YULI)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *