oleh

Gonggong dan Cogan Jadi Maskot Porprov IV Kepri

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Gonggong dan Cogan diperkenalkan sebagai maskot dan logo Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV Kepulauan Riau 2018, Senin (15/01/18) malamdi Aula Sultan Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota Tanjungpinang.

Sedangkan diketahui pada tahun 2018 ini, Kota Tanjungpinang dipercayai sebagai tuan rumah pesta olahraga tingkat Provinsi untuk para atlit yang secara rutin diselenggarakan selama 4 tahun sekali.

Para atlit dari Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri akan bertanding merebut juara pada 28 Oktober 2018 mendatang.

Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, mengatakan gongong dan cogan di pilih sebagai maskot dan logo pada ajang kompetisi atlit se-Provinsi Kepri ini, tentu memiliki historis dan makna, tidak hanya untuk para altit tetapi mampu memberi kontribusi dalam meningkatkan potensi ekonomi masyarakat di Kota Tanjungpinang.

“Setiap kegiatan yang dilaksanakan di daerah adalah moment untuk promosi daerah. Kegiatan olahraga menjadi salah satu sektor pariwisata yang bisa kita kembangkan, terlebih Provinsi Kepri kaya akan potensi kemaritimannya, baik itu olahraga perairan, wisata bahari maupun ekonomi kelautannya,” jelasnya.

Selain itu, Lis mengatakan, jadikan pesta olahraga ini sebagai momen terbaik yang akan mendongkrak sektor ekonomi masyarakat, sehingga perkembangan ekonomi Provinsi Kepri bisa bergerak secara sistimatis.

Sementara, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Provinsi Kepri, Raja Ariza menjelaskan, gongong dan cogan memiliki makna yang luar biasa yakni sebagai simbol kekuatan bersama.

Cogan merupakan alat kebesaran untuk melantik Raja-raja kala itu, selain itu, cogan dimaknai untuk membangun silaturahim dan menyatukan kerajaan besar di kawasan Johor, Singapore, dan Malaysia.

Sedangkan gongong merupakan biota laut yang ada di Kepulauan Riau, pada masa dahulu, masyarakat selalu mencari gongong untuk dijadikan lauk. “Saat ini, gongong sudah semakin langka, InsyAllah kedepan akan kita lakukan konservasi untuk melindungi dan melestarikan gongong,” ujarnya.

Kemudian, dia berharap, Porprov bisa menjadi ajang silaturahim dan membangun sinergitas antara Kabupaten dan Kota se-Provinsi Kepri, dengan demikian, Kepri memiliki kekuatan besar sebagai kawasan ekonomi pertumbuhan.

“Mari kita jadikan porprov sebagai ajang silaturahim kita bersama, ajang membangun semangat olahraga. Semoga Tanjungpinang bisa meraih juara umum porprov pada tahun ini,” ucapnya. (RNN)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *