oleh

KPU Tanjungpinang Pantau Proses Coklit

Tanjungpinang, KepriDays.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang melakukan pemantauan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) di empat kecamatan di Tanjungpinang.

Proses pemantauan tersebut untuk memastikan PPK, PPS di wilayah masing masing mampu mengawasi Proses Coklit dengan benar.

“Nanti kita akan mengambil sampling 5 persen PPDP untuk mengetahui proses di lapangan seperti apa setelah hampir dua pekan mereka mencoklit,” kata Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria, Rabu (07/02/18) kemarin.

Robby Patria mengungkapkan, proses pemutakhiran data pemilih bertujuan untuk mendata masyarakat kondisi terkini baik itu yang sudah masuk ke dalam DPT pilgub terakhir 2015, dan DP4 terbaru. Juga mencoret pemilih yang sudah meninggal dunia, pindah domisili keluar Tanjungpinang, berubah status menjadi anggota TNI, Polri, atau yang terganggu jiwanya dari dalam daftar DP4.

“Jika ada pemilih baru yang belum masuk ke dalam DP4, maka PPDP harus ditambahkan datanya ke dalam daftar pemilih,” kata Robby.

Selain itu, untuk memastikan proses berjalan dengan optimal KPU Kota Tanjungpinang meminta PPS dan PPK rutin melakukan monitoring untuk memastikan PPDP berkerja dengan baik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.