oleh

Pemerintah Berikan Edukasi ke Penyuluh Pernikahan

Tanjungpinang, KepriDaya.co.id – Dinkes Dalduk dan KB Tanjungpinang merangkul Kantor Kementerian Agama untuk melakukan komunikasi, informasi dan edukasi bagi para calon pengantin, Kamis (22/3) di Hotel Aston Tanjungpinang.

Dalam Edukasi itu, Dinkes memberikan pemahaman Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin Bagi Tenaga Kesehatan dan Penyuluh Pernikahan yang disaksikan langsung oleh Penjabat Walikota Tanjungpinang H. Raja Ariza.

Raja Ariza pun sangat mendukung kerjasama tersebut, karena sinergi Ini memang sangat diperlukan untuk mendukung terwujudnya kualitas sumber manusia sedini mungkin sejak akan memasuki gerbang pernikahan.

“Calon pengantin harus dipastikan tahu kondisi kesehatan masing-masing calon pasangan, paham tentang program memelihara kesehatan sejak sebelum hamil, saat hamil, saat melahirkan, saat merawat bayi, balita hingga remaja,” katanya.

Sedangkan untuk menghindari terjadinya kasus-kasus gangguan kesehatan, Rustam menambahkan, kekurangan gizi, penyakit terkait Reproduksi dan kematian pada ibu dan bayi yang secara Nasional di Indonesia saat ini masih cukup tinggi.

“Beberapa penyakit bisa dicegah sejak dini kalau para calon pengantin mendapatkan pemeriksaan kesehatan yang komprehensif sejak dini, misalnya hemofili, thalassemia, diabetes dan buta warna,” ujarnya.

Sementara calon pengantin, lanjut Rustam, penting mendapatkan pemeriksaan HIV, hepatitis, infeksi menular seksual sebelum menikah juga disampaikan dalam KIE ini.

“Demikian pula konsumsi gizi seimbang yang diperlukan untuk pertumbuhan jaminan selama masa kehamilan, bayi, anak dan remaja, serta imunisasi yang diperlukan bagi ibu dan bayi, pengaturan jumlah dan jarak kelahiran serta kesehatan jiwa,” ujarnya. (RNN)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *