oleh

Makan dan Minum Saat Imsak, Bolehkah?

Dunia, KepriDays.co.id – Apakah masih boleh makan atau minum kalau sudah waktu imsak tapi belum azan Subuh?

Ustaz Syaukani Arsyad dari Qur’anic Intelegence Center (QIC) Banjarmasin menjabarkannya dalam¬† QS Al-Baqarah: 187, ALLAH berfirman, makan minumlah hingga jelas bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu terbit fajar.

Ayat ini menegaskan bahwa Allah memberikan izin untuk makan, minum, atau melakukan hubungan badan sampai kita benar-benar yakin, fajar telah terbit.

Di tempat kita, ini ditandai dengan waktu subuh. Di masa Nabi shallallahu `alaihi wa sallam, ada dua sahabat yang bertugas mengumandangkan adzan di waktu subuh. Bilal dan Ibnu Ummi Maktum. Bilal melakukan adzan awal, yang dikumandangkan sebelum subuh, dan Ibnu Ummi Maktum melakukan adzan setelah masuk waktu subuh.

Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam menyuruh para sahabat yang sahur, untuk tetap makan minum hingga Ibnu Ummi Maktum melakukan azan.

Dalam hadis dari Ibnu Umar dan A’isyah radhiallahu `anhum,bahwa ” Bilal biasanya berazan di malam hari. Lalu, Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda, `Makan dan minumlah kalian, sampai Ibnu Ummi Maktum berazan, karena tidaklah dia mengumandangkan azan kecuali setelah terbit fajar.” (HR Bukhari No 1919 dan Muslim No 1092).

Terdapat banyak riwayat yang menunjukkan bagaimana Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam dan para sahabat melakukan sahur. Mereka makan sahur mepet subuh. Dalam kitab Silsilah Ahadits Shahihah (Kumpulan hadis-hadis shahih), pada keterangan hadis No 1394, penulis menyebutkan beberapa riwayat, dari Bilal bin Rabah radhiyallahu `anhu, beliau menceritakan,”Saya mendatangi Nabi shallallahu `alaihi wa sallam memberi tahu beliau untuk Salat Subuh. Ketika itu, beliau hendak puasa. Beliau minta dibawakan air dan beliau meminumnya. Kemudian beliau berikan sisanya kepadaku, dan akupun meminumnya. Kemudian beliau menuju masjid untuk salat.” (Riwayat Ahmad dan perawinya Tsiqah).

Semua riwayat di atas menunjukkan bahwa Nabi shallallahu `alaihi wa sallam dan para sahabat, tidak mengenal imsak 10 menit sebelum subuh. (TIM REDAKSI)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *