oleh

Aplikasi Ini Bisa Bikin Ramadan Tambah Asyik

Dunia, KepriDays.co.id – Aplikasi smartphone bisa dimanfaatkan untuk segala hal, termasuk membantu menjalani hari-hari di bulan Ramadan.

Khusus untuk bulan Ramadan, Play Store Android merekomendasikan beberapa aplikasi yang penting untuk diunduh.

Dikutip dari Tempo, ada 4 aplikasi paling mudah dan cocok digunakan di Indonesia.

1. Belajar Membaca Al-Quran

Aplikasi yang dibuat oleh anak negeri dari Indocipta Studio ini cocok bagi siapa saja yang tengah memperlancar kemampuan mengaji. Aplikasi ini lengkap untuk mengenal huruf hijaiah, tanda baca, cara merangkai huruf hijaiah, hingga cara pengucapan huruf.

Pengguna tinggal menyentuhkan jarinya ke huruf yang hendak atau telah dibaca, maka akan ada audio pelafalan atau cara baca yang benar. Maka pengguna bisa mengetahui jika salah baca. Cara belajar yang ditawarkan aplikasi ini juga menyenangkan. Sebab, dilengkapi dengan permainan yang meminta pengguna menebak huruf dan tanda baca yang disertai skor.

2. Google Maps

Aplikasi peta dan penunjuk jalan milik mesin pencari terbesar di dunia ini disegarkan dengan fitur baru. Pengguna aplikasi ini kini bisa memasukkan tujuan lain sebelum sampai di tujuan utama. Hal ini bisa dilakukan tanpa keluar dari navigasi awal. Contohnya, Anda memasukkan Alun-Alun Semarang sebagai tujuan utama. Lalu di tengah perjalanan, Anda kehabisan bensin. Dengan fitur baru, Anda tak perlu keluar dari navigasi Alun-Alun Semarang. Anda tinggal menambahkan tujuan pom bensin terdekat.

3. Muslim Pro

Didominasi warna hijau, aplikasi ini hadir bak paket komplet. Di dalamnya terdapat penanda waktu salat, jadwal imsakiah, penunjuk arah kiblat, Al-Quran, dan tempat makan halal di sekitar lokasi pengguna. Fitur lain yang dihadirkan aplikasi ini adalah lokasi masjid terdekat, doa sehari-hari, tasbih digital, Asmaul Husna, hingga penghitung zakat.

Al-Quran dalam aplikasi ini dilengkapi dengan audio yang bisa dimainkan sesuai dengan urutan surat. Artinya, bisa dipilih dalam bahasa yang diinginkan. Apabila pengguna menghentikan pembacaan surat, aplikasi ini akan menyimpan secara otomatis. Jika pengguna membuka aplikasi di lain waktu, ia akan meneruskan dari posisi yang sebelumnya.

4. Cookpad

Sesuai dengan namanya, ini adalah aplikasi resep masakan. Cookpad adalah kumpulan resep yang diunggah oleh pengguna lain. Pengguna bisa mengunggah resep andalan atau kesukaan untuk membaginya kepada pengguna lain. Untuk bulan Ramadan, aplikasi ini telah mengelompokkan resep menjadi tiga. Tiga resep tersebut adalah resep sahur, buka puasa, dan kue kering. Pengguna bisa langsung mencari bahan dasar sebagai kata kunci, lalu memberi komentar terkait dengan resep yang ditulis pengguna lain. (TIM REDAKSI)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *