oleh

Spanyol Disingkirkan Rusia, Argentina dan Portugal Lebih Dulu

Dunia, KepriDays.co.id – Spanyol secara mengejutkan tersingkir dari Piala Dunia 2018. Mereka gagal melaju ke perempat final setelah dikalahkan Rusia lewat adu penalti dalam pertandingan di Stadion Luzhniki, Rusia, Ahad malam, 1 Juli 2018.

Kedua tim bermain imbang 1-1 hingga akhir babak perpanjangan waktu. Adu penalti dilakukan dan Rusia akhirnya berhasil memenangi adu tos-tosan itu dengan skor 4-3. Tim tuan rumah itu lolos ke perempat final, menyusul Prancis dan Uruguay.

Spanyol, yang menempatkan Andres Iniesta sebagai cadangan, unggul pada ke-12 lewat gol bunuh diri Sergei Ignashevich. Gol ini bermula dari umpan silang Marco Asensio, yang jadi starter menggantikan Iniesta. Ignashevich, yang berebut bola dengan Sergio Ramos, justru mengarahkan bola ke gawangnya sendiri.

Rusia, yang kehilangan top skornya, Denis Cheryshev, karena cedera, memakai formasi bertahan total 5-3-2. Namun, dalam beberapa kesempatan mereka masih mampu mengancam Spanyol lewat serangan balik.

Pada menit ke-40 Rusia mendapat tendangan penalti setelah Gerard Pique melakukan handball. Ia meloncat berebut bola di kotak penalti dan bola sundulan dari Artem Dzyuba yang mengarah ke gawang mengenai tangannya. Pique yang memprotes mendapat kartu kuning.

Rusia akhirnya bisa menyamakan kedudukan setelah Artem Dzyuba sukses mengeksekusi penalti.

Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir. Babak perpanjangan dilakukan, tapi tak banyak yang berubah. Spanyol terus mengurung, Rusia disiplin bertahan total. Skor imbang tetap bertahan. Adu penalti pun harus dilakukan.

Dalam adu penalti, tendangan Koke dan Iago Aspas berhasil dibendung kiper Rusia, Igor Akinfeev. Rusia unggul 4-3. Rusia lolos dan akan menghadapi Kroasia atau Denmark pada babak perempat final.

Pada babak perpanjangan waktu ini tercipta sejarah. Kedua tim sama-sama memanfaatkan pergantian pemain yang keempat, sesuai peraturan baru yang diterapkan untuk Piala Dunia 2018 ini.

Spanyol jadi tim unggulan keempat yang tersingkir. Sebelumnya, Jerman, Argentina, dan Portugal sudah tersingkir. Bagi Spanyol, kekalahan ini memastikan mereka gagal memperbaiki catatan buruk tiap kali menghadapi tim tuan rumah Piala Dunia. (TIM REDAKSI)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *