oleh

Beragam Jenis Jerawat

Jakarta, KepriDays.co.id – Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang dikhawatirkan baik pria dan wanita. Berdasarkan penelitian dari 85 persen orang di dunia pernah mengalami jerawat.

Dokter dari Za Clinic, Adinda Fitriningtias mengatakan jerawat adalah penyakit kulit yang kronis atau yang terjadi dalam jangka panjang. Jerawat, menurutnya, paling rentan terjadi pada mereka yang berusia 11-24 tahun. Tapi, bukan berarti di luar dari usia itu aman dari “serangan” si kecil mengganggu ini.

Ada banyak penyebab timbulnya jerawat. Namun, yang paling umum terjadi, jerawat disebabkan oleh beberapa faktor pemicu seperti genetik, pemakaian kosmetik yang salah, hormonal, sel kulit mati, bakteri terlalu banyak, dan pola makan.

“Kurang tidur juga bisa membuat jerawat muncul. Karena hormon androgen akan meningkat pada saat begadang dan meningkatkan kelenjar minyak dan menimbulkan jerawat,” kata Fitri.

Bukan hanya penyebabnya saja yang banyak, tapi jenis jerawatpun beragam. Bahkan, komedo pun ternyata masuk dalam jenis jerawat. Ini dalam istilah kedokteran biasa disebut jerawat tertutup atau komedo putih (whiteheads).

Sedangkan jerawat terbuka disebut komedo hitam (blackheads). Jerawat yang biasanya kita kenal umumnya berwarna merah dan meradang. jerawat merah dan meradang juga memiliki jenis beragam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.