oleh

Akhir Bulan Daging Ayam Diprediksi Stabil

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Harga daging ayam ras pedaging diprediksikan akan stabil pada akhir Agustus. Beberapa komoditi seperti daging ayam dan kedelai mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi di bulan juli dibahas dalam rapat koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tanjungpinang di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Walikota Tanjungpinang, Senin (13/8) kemarin.

Sekretaris Daerah Kota, Riono selaku pimpinan rapat menanggapi beberapa komoditas penyumbang inflasi tertinggi yang berpengaruh kepada daya beli masyarakat, seperti, ayam ras pedaging, telur dan  kedelei.

Selain itu juga dibahas  beberapa komodoti yang mengalami deflasi di Kota Tanjungpinang. “Jika inflasi tinggi, beban masyarakat yang meningkat, namun jika terjadi deflasi turun juga akan berpengaruh kepada sistem produksi yang berkurang, pengusaha yang dirugikan, maka dari itu Inflasi harus stabil dan terkendali agar tidak ada yang dirugikan,” ujar Riono.

Sedangkan Kepala BPS Kota Tanjungpinang Sudirman memaparkan, inflasi dibulan Juli dan perkembangan harga bulan Agustus 2018 mengalami peningkatan menjadi 0,45% dibandingkan Inflasi bulan juni hanya 0,24%

Namun naik dan turun harga Komoditi masih dalam kondisi wajar. Dan andil Inflasi menurut kelompok pengeluaran tertinggi disumbang oleh bahan makanan dan pendidikan.

Sementara Asong, peternak ayam sekaligus pemasok pakan dan obat-obatan ternak ayam mengatakan, harga ayam ras pedaging dari peternak masih kisaran Rp26.000 – Rp27.000, yang sebelum berada pada kisaran 23.000. 

Naiknya harga ayam ras pedaging tersebut disebabkan cuaca yang kurang baik, disamping bibit DOC kurang baik pula masuk ke Tanjungpinang, sehingga ayam tersebut mengalami pertumbuhan yang lambat.

“Tingginya permintaan dengan stok terbatas juga berpengaruh terhadap kenaikan harga ayam potong di tingkat pedagang. Harga karkas ayam potong di tingkat pedagang mencapai Rp42.000 per kilogram. Selain ayam potong, ayam beku juga mengalami kenaikan karena tidak ada masuk ke Tanjungpinang dari daerah asal,” katanya.

Bahkan Asong menprediksikan akhir Agustus harga daging ayam ras pedaging akan kembali  normal, karena saat ini bibit ayam yang ada sudah mulai besar dan sudah diberikan pakan yang baik. Cuaca juga cukup bersahabat sehingga proses pertumbuhan ayam tidak sama seperti sebelumnya. ***