oleh

Heboh Anggur Impor, Benarkah Mengandung Formalin?

Tanjungpinang, KepriDays.co.id– Beberapa pekan terakhir, warga dihebohkan dengan keberadaan buah anggur yang mengandung formalin. Tak terkecuali di Tanjungpinang. Dari informasi yang beredar, buah tersebut diimpor dari Tiongkok dan dijual oleh pedagang di pinggir jalan dengan harga lebih murah dari harga pasaran toko buah.

Kabar tersebut beredar di media sosial. Tak terkecuali di groups media chat semisal WhatsApp dan lain-lain. Sehingga warga pun mulai resah. Terlebih, beberapa pekan terakhir memang banyak pedagang buah anggur bermunculan jualan di pinggir jalan.

Warga pun meminta instansi terkait untuk memeriksa buah anggur yang di jual pedagang di Tanjungpinang. Sehingga buah yang dijual bisa dipastikan aman untuk dikonsumsi masyarakat dan tidak mengandung zat berbahaya.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang langsung mengambil tindakan. Petugas Dinkes langsung mengambil sampel anggur di beberapa lokasi penjualan. Selanjutnya dilakukan uji laboratorium.

“Sudah dites. (Hasilnya) formalin negatif. (Tapi) kalau buah impor memang biasanya pakai pengawet,” kata Rustam Kepala Dinkes Tanjungpinang, Rabu (21/11/18).

Namun, lanjutnya, bila masyarakat ragu, dia menyarankan agar mengkonsumsi buah lokal saja. Seperti pisang, jeruk, mangga, pepaya dan lainnya. (*)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *