oleh

HET Elpiji 3 Kilogram Naik, Harga Jual Jangan Sampai “Meledak”

KepriDays.co.id – Walikota Tanjungpinang Syahrul telah menandatangani Surat Keputusan (SK) nomor 432 tahun 2018 tanggal 29 November 2018 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas elpiji 3 kilogram sebesar Rp.18.000 per tabung. HET tersebut naik Rp3000 dibandingkan HET sebelumnya yaitu Rp15.000. HET baru berdasarkan SK Walikota 432 tersebut mulai diberlakujan awal Januari 2019 ini.

Penetapan HET elpiji baru yang naik dari  dari HET sebelumnya itu mendapat respon beragam di kalangan masyarakat. Ada yang pro dan ada juga yang kontra. Warga yang pro mengeluarkan argumen diantaranya bahwa SK 432 tersebut hanya menyesuaikan dengan harga jual di pasaran. Selain itu, HET juga sudah lama tidak dilakukan penyesuaian, sedangkan harga kebutuhan sudah mengalami kenaikan. 

Sedangkan yang kontra mengatakan bahwa penatapan HET baru tersebut sepihak, tanpa terlebih dulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebagai konsumen. Selain itu, meskipun harga jual gas melon di masyarakat sudah Rp18.000 per tabung, dengan ditetapkannya HET baru itu, harga jual di pangkalan justru akan naik.

Fakta di lapangan, memang saat HET  Rp15.000 per tabung, gas melon itu sudah dijual ke masyarakat sudah Rp.18 ribu hingga Rp20 ribu. Bahkan ada masyarakat yang membeli seharga Rp22 ribu per tabung. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.