Syahrul Pastikan Pelayanan KTP-El di Disdukcapil Berjalan Lancar

Tanjungpinang, KepriDays.co.id  – Wali Kota Tanjungpinang Syahrul melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang berlokasi di Jalan Kijang Lama, Selasa (8/1/19). Kedatangan Syahrul bertujuan untuk melihat secara langsung proses pelayanan pembuatan KTP Elektronik (KTP-El), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Akte Kematian dan sebagainya.

Pada kesempatan itu, Syahrul meminta kepada para pegawai Disdukcapil untuk cepat dalam menangani proses pembuatan KTP elektronik, KK, dan akte kelahiran. Selain itu, Syahrul tampak antusias menghampiri dan menyapa satu persatu warga yang sedang antri di kantor Disdukcapil.

‎Kebanyakan keluhan dari masyarakat, dan informasi yang beredar dalam sepekan ini bahwa masyarakat mengeluhkan proses keterlambatan pembuatan KTP elektronik. Keterlambatan KTP Elektronik ini dicetak adalah karena blanko yang kosong, namun tidaklah demikian.

Syahrul turut menjelaskan kepada masyarakat, bahwa blanko KTP elektronik yang tersedia di Disdukcapil sudah tersedia, dan cukup untuk memenuhi permintaan dari masyarakat.

Syahrul juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang belum memiliki KTP Elektronik agar segera diurus, dan kepada Ketua RT agar mendata warga di lingkungan nya yang belum memiliki KTP dan segera mengurusnya. “Mudah-mudahan sistem atau jaringan di Disduk Capil tidak bermasalah lagi dan dapat melayani masyarakat dengan baik,” tutup Syahrul.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto menyampaikan bahwa kendalasaat ini bukan lagi karena blangko KTP Elektronik yang kosong, namun masalah sistem atau jaringan antara server yang ada di Disdukcapil dengan server di pusat. Sebelumnya juga server kena sambar petir, sudah diperbaiki di pusat, sehingga terkendala selama 1 bulan, setelah server diperbaiki jaringan pula gangguan.

“Beberapa hari yang lalu teknisi dari pusat sudah datang ke Tanjungpinang untuk mensetting server baru yang dimiliki Disdukcapil Tanjungpinang, namun Senin kemarin server kembali mengalami gangguan, sehingga pelayanan pembuatan KTP Elektronik khususnya untuk perekaman data tidak dapat dilayani dengan maksimal,” ujar Irianto.

Sejak hari Senin pagi hingga sore hari, pihak Disdukcapil terus berupaya untuk melakukan perbaikan jaringan server, dan berkoordinasi dengan teknisi pusat via telepon. “Alhamdulillah hari ini server dan jaringan sudah kembali normal, sehingga sudah dapat melayani masyarakat khususnya untuk perekaman data,” tambah Irianto. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *