oleh

Kini di Tanjungpinang Sudah Ada Kurma yang Berbuah

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Pohon kurma yang tumbuh di Tanjungpinang banyak, namun yang berbuah sangat minim, bahkan tidak ada. Namun di tangan Sarwito, kini, di Tanjungpinang sudah ada pohon kurma yang berbuah. Bahkan buahnya tidak tanggung tanggung mencapai 10 tangkai. Dimanakah itu?

Sarwito yang sehari-hari akrab di sapa Wito, adalah penggiat Kurma Kepri. Dia menekuni profesi ini hingga belajar sampai kenegeri gajah putih yaitu Thailand. Thailand dipilih karena negara tersebut sudah membuktikan kurma bisa berbuah lebat.

Dia selalu berhenti berjalan ketika melihat pokok kurma yang tumbuh dipinggir-pinggir jalan, halaman rumah atau perkantoran untuk beliau amati apakah pohon kurma ini layak dirawat atau tidak.

Kepada KepriDays.co.id Wito bercerita, pada suatu ketika dia menemukan pohon kurma dimana menurut beliau, pohon kurma ini layak dirawat. Karena berdasarkan ilmu yang dia miliki pohon tersebut bisa berbuah. Kurma tersebut berada di belakang kantor Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang.

“Jadi kurma itu ada yang bisa berbuah dan ada yang tidak bisa berbuah. Ada kurma jantan ada betina,” katanya, Rabu (16/01/19).

Dengan penuh keyakinan beliau merawat kurma di PN tersebut mulai Juli 2018. Kemudian di akhir bulan Desember 2018 telah keluar bunga buah kurma sebanyak 10 tandan.

“InsyaAllah bulan puasa tahun ini buah kurma ini siap di panen,” kata Wito.

Bagi yang memiliki pohon kurma, ia siap membantu untuk merawat. Kemudian bagi yang ingin menanam pohon kurma, ia juga siap untuk menyediakan bibit Kurma tropis unggul, yang merupakan bibit kultur jaringan. “Dengan bibit unggul ini Insyaallah tiga tahun berbuah,” katanya. (Munsyi Untung).



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *