oleh

Selama Februari, Dinkes Akan Timbang 20.000 Anak

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes Dalduk dan KB) Kota Tanjungpinang Rustam menargetkan selama Februari akan menimbang 20.000 anak di Tanjungpinang. Selain menimbang pihaknya juga akan memberikan vitamin A gratis.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bayi dan balita di Tanjungpinang tak kekurangan gizi. Selain itu juga sebagai bentuk optimalisasi pemantauan tumbuh kembang balita.

“Pencanangan bulan vitamin A dan operasi timbang akan dilaksanakan besok pagi di Perumahan senggarang permai,” katanya, Kamis (31/01/19).

Rustam juga menjelaskan operasi timbang dan bulan vitamin akan dilaksanakan selama sebulan penuh melibatkan seluruh posyandu, TK/RA, tempat bermain.

“Untuk keberhasilan Penggerakan sasaran, dinkes menggandeng Tim Penggerak PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan. Diharapkan sekitar 20.000 balita dapat dijangkau dan dilayani Dalam operasi timbang dan bulan vitamin A,” katanya.

Lebih lanjut, Rustam menjelaskan, operasi timbang dilakukan dengan menimbang berat badan anak dan mengukur tinggi badan anak serta lingkar kepala. Tujuannya untuk mengalami masalah gizi yang dialami balita apakah ada gizi kurang, gizi buruk bahkan stunting

Balita yang mengalami masalah gizi selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan lebih mendalam dan diberikan bimbingan kepada orang tuanya agar masalah gizi yang dihadapi bisa teratasi.

“Vitamin A diberikan secara gratis kepada seluruh balita yang ada. Untuk bayi usia 6-11 bulan diberikan kapsul vitamin A dosis 100 ribu IU. Untuk balita usia 12-59 bulan diberikan kapsul vitamin A dosis tinggi 200 ribu IU,” katanya.

Adapun tujuan pemberian vitamin A adalah untuk mencegah kekurangan vitamin A pada bayi dan balita sehingga kekebalan tubuh nya lebih meningkat dan terhindar dari kebutaan anak (xeropthalmia), mengurangi kematian pada balita dan menurun kan kasus dan beratnya kasus diare dan campak. (Ari)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *