oleh

Lantik Pengurus GMPK Kepri, Mantan Wakil Ketua KPK Sampaikan Cara Ampuh Cegah Korupsi

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Ketua Umum Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Bibit Samad Rianto resmi melantik pengurus GMPK Provinsi Kepri. Acara pelantikan di laksanakan di Hotel Conforta Tanjungpinang, Kamis (31/01/19).

Pada kesempatan itu, Bibit mengatakan, korupsi bisa terjadi bila ada niat, peluang dan sasaran. Korupsi adalah tindak kejahatan yang harus dicegah dan diberantas agar negara bisa maju.

“Di luar negeri sistem sudah dominan, tapi di Indonesia sistimnya masih bisa diakali, sehingga masih bisa terjadi kebocoran,” katanya.

Menurutnya cara ampuh dalam memerangi korupsi tersebut ialah dengan menutup rapat-rapat lahan korupsi itu sendiri. Dengan tidak adanya lahan korupsi, maka kurupsi bisa dicegah.

Untuk itu dia mendirikan GMPK tersebut sebagai bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam berkontribusi memerangi korupsi. Terutama dalam menutup rapat-rapat lahan korupsi.

“Untuk menjadi anggita GMPK harus tau, mau, mampu, dan kontinu,” katanya.

Sementara itu, Rosyidi, usai dilantik sebagai Ketua DPD GMPK Kepri, berharap kerjasama yang baik antara GMPK dengan institusi terkait. Sehingga bisa bersinergi dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh bidang-bidang di GMPK.

“Mari kita jaga agar kebocoran uang negara dapat dihindarkan,” kata Rosyidi.

Selain Rosyidi, juga dilantik sebagai Zulfaimi sebagai sekretaris, dan Ir Afrizal sebagai bendahara.

Untuk diketahui, GMPK adalah organisasi independen yang tidak terikat dengan institusi apapun. Namun bisa bermtra dan membantu Institusi dan penegak hukum terkait yang berfungsi terhadap peencegahan korupsi, seperti Inspektirat, kepolisian, kejaksaan dan stakeholder terkait lainnya. (Munsyi Untung)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *