oleh

Hendri Jadi Plt Kadis ESDM Kepri Kurang Tepat, Sekretaris Dinas Diabaikan?

Tanjungpinang, KepriDays.co.id- Pasca pencopotan Amjon dari Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kepri, Gubernur Kepri menunjuk Hendri Kurniadi Kepala Bidang (Kabid) Pertambangan menjadi pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas ESDM.

Penunjukan ini menjadi sorotan publik. Mereka mengungkapkan kekecewaan itu di medsos. Pasalnya Hendri yang baru beberapa hari dilantik Gubernur Kepri menjadi Kabid Pertambangan langsung ditunjuk jadi Pelaksana Tugas.

Padahal masih ada Panji Sasmita yang menjabat Sekretaris Dinas ESDM Kepri. Namun justru tidak ditunjuk. Secara struktur organisasi Kabid tentu dibawah sekretaris dinas.

Pengamat Politik dan Pemerintahan Suradji mengatakan pelaksana tugas (Plt) memang tidak memiliki kewenangan dalam mengambil kebijakan yang sifatnya strategis. Fungsi Plt sebatas menjalankan tugas tugas rutin kedinasan.

Sehingga siapapun yang ditunjuk oleh pejabat berwenang dalam hal ini Gubernur boleh saja. Namun demikian, seyogyanya Plt diambil dari pejabat tertinggi setelah pejabat yang di nonjobkan tersebut.

“Maka dalam hal ini yg paling tepat sebenarnya adalah sekretaris atau mungkin diambilkan dari kepala dinas lainya yang setingkat agar roda organisasi berjalan sebagaimana lazimnya dan tidak membuat ewuh pakewuh,” katanya.

Informasi yang dihimpun, serah terima atau pisah sambut Amjon yang dicopot dari Kadis ESDM kepada Plt Kadis ESDM Kepri Hendri Kurniadi akan dilaksanakan Senin mendatang. (Red)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *