oleh

Kenakalan Siswa Tanggung Jawab Bersama

Oleh:
Deo Syahrizal
Mahasiswa STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang

Pendidikan diartikan sebagai usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik melalui bimbingan, pengajaran dan latihan untuk membantu peserta didik mengalami proses diri ke arah pribadi yang dewasa.

Guru selain bertugas untuk mengajar, guru juga dituntut untuk mampu mendidik siswa menjadi pribadi yang memiliki akhlak mulia, berbakti kepada orang tua, guru, maupun mengabdikan diri untuk masyarakat.

Jangan sampai baik buruknya prestasi siswa hanya dibebankan kepada guru. Semua elemen harus mendukung dalam tercapainya prestasi belajar siswa. Terutama peran orang tua sangat vital dalam menentukan berhasil tidaknya siswa sekolah.

Belakangan ini sering terjadi kasus siswa yang membully gurunya, betapa tidak terpujinya perilaku murid yang tega membully gurunya. Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya.

Karena kurangnya perhatian orangtua justru kondisi psikologis anak tidak baik dan karena itulah perilaku siswa sekarang ini banyak yang tidak sopan terhadap gurunya, tidak menghargai orang yang lebih tua.

Sebenarnya mengatasi kenakalan siswa ada berbagai cara, Pertama, Hindari kekerasan dalam mengatasi siswa nakal. Kedua, Lakukan pendekatan secara persuasive. Tetapi perhatian yang di berikan mestinya tidak tampak terlampau berlebihan oleh siswa lainnya. Terkadang kenakalan / kegaduhan yang mereka lakukan sebenarnya semata-mata hanya untuk mendapatkan perhatian dari kita.

Ketiga, Ketahui permasalahannya. Anak merupakan manusia yang paling peka dengan begitu polosnya menunjukkan apa saja yang dirasa dan dipelajarinya. Dalam hal ini kurang peka dan perhatiannya orang tua dapat menjadi penyebab kenakalan anak.

Keempat, beri tanggung jawab. Terdapat cukup banyak faktor yang dapat menyebabkan anak didik kita menjadi nakal di kelas. Salah satunya karena mereka tidak memiliki sesuatu hal yang dapat menyibukkan diri mereka. Oleh karena itu coba berikan tanggung jawab.

Dengan cara tersebut, semua pihak terkait termasuk guru harus dapat mempelajari karakteristik siswanya agar tahu bagaimana cara menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang akan terjadi di akibatkan siswa yang nakal.

Oleh karena itu, penulis katakan bahwa kenakalan siswa adalah suatu hal yang wajar terjadi di lingkungan sekolah sebagaimana disebutkan di atas. Tugas semua orangtua maupun guru bimbinglah anak atau siswa yang nakal agar bisa menjadi siswa atau anak yang baik dan berguna untuk bangsa sekarang ini. ***



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *