oleh

Syahrial, Anak Pulau yang Paham Sejarah Melayu

Kepridays.co.id – Pria berbadan tegap, berkulit putih nan tampan itu bernama M. Syahrial. Dia lahir di Pulau Bintan tepatnya di Kota Tanjungpinang pada 23 Mei 1975 silam.

Walaupun sering disebut anak pulau, Iyai sapaan akrabnya, tak pernah malu, justru malah dia bangga. Karena anak pulau yang satu ini, bukan sembarang pulau. Tapi pulau ini Pulau Bintan. Pulau bersejarah dengan mayoritas penduduk suku Melayu.

Iyai pun sangat paham tentang budaya dan sejarah Melayu. Sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang, saat ini, Iyai terus membaktikan diri untuk kemajuan tanah kelahirannya.

Dia juga meminta restu kepada semua masyarakat Provinsi Kepri, saat ini dia sedang mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI. Itu dia lakukan semata untuk berbuat lebih banyak untuk kemajuan tanah Melayu yang ia cintai.

Iyai mengaku paham betul sejarah Melayu tanah kelahirannya ini. Mulai dari Sultan Macmud Mangkat Dijulang hingga Kerajaan Riau Lingga serta hadirnya Soekarno di Kota Tanjungpinang dia mengetahui. Bahkan Iyai ada foto-foto lama tentang sejarah tersebut.

“Tau sejarah itu kita tau filosofinya, dengan kita tau semua sejarah kita tau demografi suatu daerah. Dari bahasa Melayu lah tercipta bahasa Indonesia,” katanya.

Iyai yang ditemui KepriDays.co.id mengatakan bahwa dirinya memang keturunan melayu dari emaknya. Kalau dilihat dari sejarah hidup emaknya masih keturunan raja dari kerajaan yang pernah ada di tanah melayu ini.

Iyai melanjutkan, keturunan Melayu saat ini sudah berbaur dan bercampur, seperti ada campuran Bugis. Tapi, katanya, yang betul-betul melayu yaitu Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung.

Penulis: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *