oleh

Arus Mudik Dipresdiksi Alami Lonjakan, KSOP Karimun Siapkan Armada Tambahan


Karimun, Kepridays.co.id – Arus Mudik Lebaran tahun 2019 di Kabupaten Karimun diprediksikan akan mengalami kenaikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Lonjakan penumpang sendiri biasanya terjadi pada H-7 jelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, di Pelabuhan Domestik dan Pelabuhan Internasional Kabupaten Karimun.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjungbalai Karimun, Capt. Mozez Imannuel Karaeng menyebutkan, kelonjakan penumpang saat mudik lebaran tersebut diprediksikan akan mengalami kenaikan mencapai empat persen.

“Jika dibanding pada tahun 2018 lalu, untuk penumpang turun (datang-red) sebanyak 158.271 naik menjadi 164.602 pada tahun ini. Sementara penumpang naik (berangkat-red) total penumpang mencapai 146.937 naik menjadi 152.814 jiwa,” ujarnya saat diwawancarai awak media, Senin (20/5).

Untuk mengantisipasi penuhnya ruang tunggu pelabuhan, pihak Syahbandar Karimun akan mempersiapkan sarana dan prasarana, seperti ruang tunggu tambahan, dan penambahan armada kapal.

Hal itu dilakukan agar para penumpang tidak bertumpuk di pelabuhan, sehingga nantinya tidak ada penumpang yang menunggu terlalu lama.

“Kita siapkan armada tambahan, dan kita sudah koordinasikan hal ini dengan agen kapal. Jadi penumpang tidak menunggu lama, dan setiap saat akan terjadi aktivitas turun naik penumpang,” tambahnya.

Mozez juga mengatkan bahwa sebelumnya pihak KSOP Karimun, sudah melakukan pengecekan armada dan surat-surat kapal, sehingga jika ada kapal yang bermasalah maka pihak Syahbandar meminta kepada agen untuk melakukan perbaikan terlebih dahulu.

Penulis: Sari
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *