oleh

Pegawai dan Kepala Kantor Bea dan Cukai Tanjungpinang Ikuti Tes Air Seni

Tanjungpinang, Kepridays.co.id – Seluruh pegawai yang ada di Kantor Bea dan Cukai Tanjungpinang di tes urin atau air seni oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tanjungpinang, Jumat (23/08/2019).

“Jumlah seluruh pegawai ada sekitar 100 orang semuanya disini. Semuanya kita tes urin, termasuk saya,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Tanjungpinang, Syahirul Alim disela-sela berlangsungnya tes urine tersebut.

Ia menjelaskan, dilakukannya tes urine tersebut pencanangan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2019.

“Nah, salah satu yang harus kita perjuangkan adalah integritas, kita ingin menunjukkan bahwa Bea dan Cukai sudah bersih, sehat mental, jasmani dan rohani,” katanya.

Dia berharap semuanya berkontribusi secara maksimal kepada negara ini dengan menunjukkan bahwa sudah bersih dan sehat. Maka apabila ada pegawai positif memakai narkoba akan diselesaian secara prosedural, secara menajerial khususnya.

“Minimal kita akan memberikan pembinaan pegawai yang terbukti positif menggunakan barang haram itu. Ini untuk keseluruhan, termasuk kepala kantor,” tegasnya.

Sanksi yang diberikan seperti pelanggaran kode etik atau profesionalisme, Peraturan Pemerintah Nomor 53 tentang disiplin pegawai.

“Kalau skornya tinggi bisa sampai berat, dan kita konsisten untuk melaksanakannya. Kita buktikan dulu sampai sejauh mana. Kalau dia sampai merugikan negara bisa jadi sampai pecat. Tergantung apakan dia sekedar pemakai atau gimana,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala BNN Kota Tanjungpinang, AKBP Darsono mengatakan, pihaknya sangat mendukung sekali atas tes urine yang sedang berajalan.

“Bahkan saya sudah berjanji tadi sama bliau (pak Alim) bilamamana pegawai Bea dan Cukai tidak ada yang menggunakan masalah narkoba akan kami berikan piagam penghargaan. Dalam arti kata kami menghargai semua kinerja yang dilakukan Bea dan Cukai,” ucapnya.

Namun, kata Dia, apaila ada yang positif menggunakan narkoba pihaknya akan segera menyampaikan ke pihak Bea dan Cukai.

“Kami sifatnya hanya melaksanakan saja. Itu nanti tidak lama, muda-mudahan bisa segera kita ketahui hasilnya,” tutupnya.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *