oleh

Tim Pengabdian PBSI FKIP UIR Gelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di SD YKPP Dumai


Dumai, Kepridays.co.id– Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau (UIR) melaksanakan pelatihan khusus penulisan karya ilmiah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SD YKPP Kota Dumai, 24 Juli 2019 lalu.

Kegiatan ini diikuti 30 orang guru-guru SD dari berbagai bidang ilmu pendidikan. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Drs. Jamilin Tinambunan, M., Ed Ketua Pelaksana Tim Pengabdian Masyarakat PBSI FKIP UIR mengatakan hasil penelitian di lapangan ditemukan bahwa persoalan yang kerap terjadi dalam diri guru seperti sulit untuk memulai kegiatan menulis.

“Lemahnya pemahaman guru dalam menyusun sebuah penelitian tindakan kelas hal ini dikarenakan kurangnya praktik dalam mengembangkan budaya menulis,” papar Dosen Mata Kuliah Penelitian itu didampingi anggota Hidayatun Nur, S.Pd., M.Pd, Firdaus Nur Muhammad, Yosi Darmayanti dan Sartika Yana, Selasa (3/08/19).

Jamilin mengungkapkan, sebenarnya menulis karya ilmiah bukanlah hal sulit, jika telah memahami pedoman dasar dalam memulai suatu tulisan kemudian menentukan masalah serta cara mengidentifikasi masalah.

Oleh karena itu, pelatihan ini sangat memberikan motivasi atau penguatan yang baik dalam menumbuhkan potensi dalam mengembangkan diri agar mau menulis ilmiah dalam bentuk apapun. Ini penting dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia dan meningkatkan kinerja guru dalam mengajar.

Jamilin menambahkan, sebenarnya guru SMP YKPP di Kota Dumai sudah pernah menulis karya ilmiah menggunakan metode PTK, hanya saja kurang mendapat perhatian sehingga perkembangannya terkesan monoton.

“Kegiatan ini seharusnya dilakukan secara berkesinambungan agar dilanjutkan kepada bagaimana tulisan tersebut dapat diterbitkan melalui jurnal-jurnal yang disediaan bagi pendidik,” jelasnya.

Kegiatan ini sambung Jamilin, memiliki peran penting untuk meningkatkan pemahaman guru dalam menulis karya ilmiah. PTK yang dilaksanakan oleh TIM pengabdian bagi guru-guru SMP YKPP di Kota Dumai ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran sebagai upaya untuk perbaikan atau inovasi.

“Pelaksanaan PTK ini terintegrasikan dengan proses pembelajaran yang dilakukan oleg guru-guru sebagai alat untuk menuliskan masalah-masalah yang dihadapi oleh guru ketika mengajar di kelas,” paparnya.

Di samping itu, pemateri juga memberikan contoh-contoh model-model yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam pemecahan masalah; berikut diuraikan Model Pembelajaran Example Non Example; Model pembelajaran picture and picture; Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).

(Kadir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *