oleh

Rektor UMRAH: Seminar Internasional Lahirkan Rekomendasi untuk Kemajuan Kepri

Tanjungpinang, Kepridays.co.id-Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Prof. Dr. Syafsir Akhlus mengatakan kegiatan Seminar Internasional dan Rapat Tahunan (SEMIRATA) yang digelar di Gedung Wan Sri Beni, akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi apa saja yang harus diperbuat oleh pihak-pihak terkait.

“Seperti halnya rekomendasi bahasa maka akan diberikan kedasa Badan Bahasa. Kemudian mengenai budaya, apa yang harus dilakukan oleh Pemorov Kepri untuk menjaga pelestariannya,” katanya kepada KepriDays.co.id disela-sela kegiatan, Sabtu, (28/09).

Termasuk juga pemanfaatan teknologi, apa yang harus dibuat sehingga pemanfaatan teknologi dalam bidang bahasa dan seni budaya ini bisa maksimal. Termasuk Pantun yang pernah diupayakan untuk diusulkan menjadi warisan budaya dunia.

“Kami dari UMRAH juga pernah membuat rekor MURI Pantun 10 jam, 10 menit, 10 detik itu juga termasuk salah satu upaya supaya pantun itu keberadaannya dikesan oleh dunia,” ungkapnya.

Terkait mengapa hari ini dilaksanakan di Kepri oleh UMRAH, ia menjelaskan, Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKS-PTNB) setiap tahun setidaknya menyelenggarakan 2 seminar Internasional.

Sebelumnya dilaksanakan di Palembang. Dalam hasil rapat untuk seminar selanjutnya, Abdul Malik selaku Dekan FKIP UMRAH mengusulkan supaya seminar berikutnya dilaksanalan di Provinsi Kepri.

“Dan semua setuju. Maka UMRAH yang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaranya. Jadi seminar ini disejalankan dengan hari jadi provinsi Kepulauan Riau yang ke-17,” ungkapnya.

Wartawan: Munsyi Untung
Editor: Ikhwan


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *