Categories: KEPRI TANJUNGPINANG

Mau Tahu Kegiatan Kepala Daerah? Cek Instagram Humas dan Protokol Tanjungpinang

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Pemerintah Kota Tanjungpinang memiliki rancangan inovasi baru dalam memberikan informasi ke masyarakat Tanjungpinang, yang ingin mengetahui kegiatan Walikota Tanjungpinang Syahrul dan Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma.

Adapun inovasi itu, yakni, dengan menghadirkan Kontak Medsos yang dijalankan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Masyarakat pada Bagian Humas dan Protokol Setdako Tanjungpinang, Susilo.

Diketahui Susilo yang sedang Diklatpim tingkat IV Pemerintah Kota Tanjungpinang tahun 2019 itu, membuat terobosan inovasi ‘Kontak Medsos’ atau Konten Informasi Kreatif Kehumasan Melalui Optimalisasi Media Sosial di Instagram yaitu @humpro.tjpinang.

Susilo menjelaskan, alasan pemilihan inovasi penyebarluasan informasi program, kegiatan serta kinerja pemerintah Kota Tanjungpinang melalui aplikasi instagram, karena memiliki jangkauan dan ruang informasi yang tak terbatas, serta menghemat waktu dan biaya.

“Berdasarkan data yang dihimpun dari Hootsuite dan We are social-lembaga yang mempelajari pola interaksi manusia dan internet, termasuk media sosial, pengguna aktif media sosial di indonesia mencapai 150 juta pada tahun 2019. Selain itu instagram juga banyak digunakan untuk marketing atau branding sebuah kota. Alasan ini yang menjadi Instagram pilihan yang terbaik,” katanya.

Hadirnya inovasi Kontak Medsos, lanjut Susilo, dengan menghadirkan foto, video dan pesan singkat dengan desain menarik, diharapkan meningkatkan minat masyarakat mencari informasi yang terjadi di Tanjungpinang, utamanya pada pemerintahan.

“Inovasi ini kita design agar nantinya dapat menjadi rujukan masyarakat untuk mengetahui informasi seputar Kota Tanjungpinang. Lebih lanjut dapat digunakan sebagai media aduan masyarakat berbasis media sosial,” bebernya.

Menurutnya, konten yang disajikan lebih efektif dan menarik, informasi dapat terupdate baik pariwisata, pendidikan maupun kesehatan.

“Kontak Medsos akan menjadi media publikasi yang efektif dan efisien, yang menguatkan hubungan positif antara pemerintah dan masyarakat. Akan terjadi interaksi dalam inovasi ini, melalui akun instagram humpro.tjpinang.” pungkas Susilo.

Susilo berharap Inovasi Kontak Medsos dapat menjadi pertimbangan untuk ditindaklanjuti di Bagian Humas dan Protokol kedepan, apalagi tidak membutuhkan anggaran untuk penggunaannya. “Kita punya SDM untuk melaksanakan inovasi tersebut,” ungkapnya. (*)

Editor: Roni