oleh

Huzrin Hood Apresiasi Usulan Komunitas Kurma Kepri Tanam Sebatang Kurma di Setiap Masjid


Bintan, KepriDays.co.id– Ketua Dewan Masjid (DMI) Kepri Huzrin Hood sangat mengapresiasi usulan Komunitas Kurma Kepri untuk melakukan penanaman minimal sebatang kurma di setiap Masjid.

Hal ini dikatakannya usai mendengarkan penjelasan dari Ketua Komunitas Kurma Kepri, Syarwito, di STAIN SAR ceruk ijuk KM 17 Bintan, Rabu (09/10) kemarin.

Selanjutnya, Huzrin merasa tertarik dan ini merupakan suatu usaha bagi Masjid, apalagi hubungan kurma dengan Masjid Nabawi itu dekat.

“Kita akan sampaikan kepada seluruh Masjid di Provinsi untuk berdialog, mana tahu nanti ada yang tertarik. Kita usahakan nanti untuk setiap Masjid minimal sebatang kurma,” kata Huzrin.

Sementara Ketua STAIN SAR, Dr Muhammad Faisal mengatakan, penanaman kurma di Bintan ini bagus, karena kurma memang buah yang ada di dalam Al-Qur’an, dan saat ini perkembangannya semakin bagus karena sudah bisa dikembangkan di daerah tropis termasuk Indonesia.

“Kita di kampus mendukung. Untuk rencana penanaman di kampus kita baru planing, namun tentu saja dalam hal ini harus ada hal-hal yang mesti didiskusikan terlebih dahulu karena terkait pengembangan lahan.
Baru kali ini ada bisnis seperti ini. Kalau ini lancar, tentu akan menjadi ikon baru bagi kampus kita,” kata Faisal.

Sebelumnya Syarwito yang akrab disapa Wito pegiat Kurma di Kepri menjelaskan, bahwa kurma yang akan ditanam bukan kurma asal-asalan, namun kurma bibit unggul jenis Barhee yang memang sudah dilakukan penelitian belasan tahun di Inggris, agar bisa tumbuh subur di daerah tropis.

Kalau di Thailand yang notabene penduduknya sebagian besar non muslim berhasil, kenapa disini tidak. Saat ini di Indonesia juga sudah ada yang berhasil seperti di Bogor, Jonggol, bahkan di Pekan Baru. “Untuk di Kepri, kita masih fokus di Bintan dulu, karena lahannya luas,” kata Wito.

Wartawan: Munsyi Untung
Editor: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *