Categories: KEPRI TANJUNGPINANG

Tim Gegana Polda Kepri Musnahkan Granat Buatan Inggris Temuan Warga Tanjungpinang

Tanjungpinang, KepriDays.co.id-Tim Gegana Satbrimob Kepolisian Daerah (Polda) Kepri musnahkan 8 buah granat jenis Mills, Rabu (16/10/19) tepatnya dekat Waduk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Dompak.

Pemusnahan tersebut dilakukan dengan cara Disposal Handak di dalam lubang kedalaman kurang lebih 1 meter yang sudah disiapkan. Kedelapan granat tersebut dibagi dua lubang. artinya satu lubang empat granat.

Kapolres Tanjungpinang AKBP H. Muhammad Iqbal melalui Kasat Sabhara Polres Tanjungpinang, AKP Darmin menyampaikan, pihaknya telah melakukan pemusnahan granat atau Disposal.

“Hari ini kita lakukan Disposal sebanyak 8 buah dan rata-rata jenis nanas dan manggis buatan Inggris tahun 1935-1980-an,” ujarnya.

Pemusnahan ini, pihaknya mendatangkan Unit Jibom dari Gegana Satbrimob Polda Kepri untuk melakukan Disposal tersebut.

Granat tersebut merupakan temuan warga Bukit Bestari. Ditemukan kurang lebih tahun 2018 lalu.

“Kalau tempatnya ditemukannya darimana nanti kita salah menyampaikan. Saya dapatnya itu sudah diamnakan digudang Polres Tanjungpinang. Tapi sesuai dengan laporan dari Polsek Bestari,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Dantim Jibom Satbrimob Polda Kepri Ipda Achmad Rosidi mengatakan, dalam pelaksanaan Disposal tersebut tidak ada kendala. Hanya saja cuaca tidak bersahabat karena hujan disertai petir.

“Hanya cuaca aja, kalau ada petir takutnya bisa memicu bom, kita tak ingin ada insiden yang terjadi, terutama bagi operator kita,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya menegasakan jangan sampai dilapangan ada masayarakat khususnya para wartawan tidak berada dekat lokasi peledakan agar tidak terjadi insiden yang tidak diinginkan.

“Makanya tadi saya tegaskan masyarakat atau wartawan-wartawan untuk gak mendekat karena SOP-nya paling tidak paling tidak radius 150 harus kita jaga. Jangan sampai begitu ada insiden kita nanti yang dipersalahkan yang dilapangan,” tutupnya.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan