oleh

Lestarikan Budaya, LASQI Kota Tanjungpinang Gelar Lomba Kompang, Marawis dan Gambus

Tanjungpinang, KepriDays.co.id-Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kota Tanjungpinang bekerjasama dengan Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setdako Tanjungpinang menggelar kegiatan Lomba Kompang, Marawis, dan Gambus Tingkat Kota Tanjungpinang, Jumat (1/11) di Gedung Aisyah Sulaiman.

Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan tersebut. “Atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang dan atas nama pribadi saya menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan lomba Kompang marawis dan gambus Kota Tanjungpinang tahun 2019 ini,” katanya.

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi kita dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup tumbuh dan berkembang di dalam kehidupan masyarakat melayu.

Rahma juga berharap agar nilai-nilai positif dalam seni dan budaya Islami tidak luntur dan sirna oleh pengaruh budaya luar yang negatif serta dapat menerobos masuk ke pintu rumah setiap penduduk melalui kecanggihan teknologi dan komunikasi.

“Saya berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini masyarakat akan dapat mengenal, mengetahui budaya Islami yang merupakan integral dari budaya nasional dan tentunya tidak kalah penting adalah menumbuhkan rasa bangga dengan identitas diri kita sebagai bangsa Melayu yang tentunya identik dengan budaya Islam,” tutup Rahma.

Sementara Ketua Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul menyampaikan bahwa perkembangan seni dan qasidah dewasa ini sangatlah pesat sekali. Oleh karena itu lombabtersebut digelar dalam rangka meningkatkan perkembangannya sehingga berdaya guna.

“Layak untuk ditampilkan sebagai kesenian Islami. Oleh karena itu LASQI Kota Tanjungpinang melaksanakan kegiatan ini bukanlah tanpa alasan,” ungkap Juwariyah.

Juwariyah yang juga Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang ini menyampaikan bahwa lomba kompang, marawis dan gambus ini nantinya akan memperebutkan piala bergilir Walikota Tanjungpinang.

“Saya berharap kegiatan ini dapat terealisasi dengan baik, dalam mewujudkan semangat generasi penerus bangsa yang berpegang pada nilai-nilai ajaran Islam sehingga bisa dijadikan sebagai media dakwah untuk membangun etika dan moral sekaligus sebagai sarana untuk membendung kemerosotan akhlak umat,” tambah Juwariyah. 

Adapun Laporan Panitia Pelaksana yang disampaikan oleh Kepala Bagian Adm. Kesra Setdako Tanjungpinang, Riwayat, bahwa peserta yang ikut dalam pelaksanaan kegiatan LASQI Kota Tanjungpinang hari ini diantaranya untuk lomba Kompang sebanyak 11 Group, Lomba Marawis 10 Group dan Vocalis Gambus 13 orang. 

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari, dimulai dari hari Jumat hingga Sabtu, bertempat di Indoor dan Outdoor Gedung Kesenian Aisyah Sulaiman dan peserta terbaik akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan piala,” ungkap Riwayat. (*)

Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *