oleh

Cuaca Buruk, Kapolres Imbau Masyarakat Waspada

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Kepala Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang
AKBP Muhammad Iqbal menghimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca penghujung tahun 2019. Perubahan cuaca memasuki musim penghujan disertai angin kencang perlu kiranya dilakukan antisipasi oleh masyarakat.

Curah hujan yang cukup tinggi berakibat terhambatnya arus Lalu Lintas (Lalin) baik darat, laut maupun udara. Selain itu, angin kencang juga dapat menimbulkan resiko seperti pohon tumbang dan lain sebagainya.

“Apabila cuaca hujan dan atau angin kencang agar menghindari atau kurangi aktivitas di luar, berkendara di jalan raya melakukan perjalanan laut atau berlayar,” katanya, Rabu (4/12/2019).

Kemudian apabila saat di perjalanan mengalami cuaca hujan, upayakan berlindung di tempat yang aman dan jangan berlindung di bawah pohon karena rawan akan tumbang dan petir. Selanjutnya hindari melewati jalanan rawan banjir dan selalu update prakiraan cuaca baik darat, laut maupun udara.

“Giatkan gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan, bersihkan parit, selokan, saluran air dari sampah agar aliran air lancar untuk mencegah genangan air atau banjir dan perkuat dinding tebing dengan menanam pepohonan yang menyerap air dan membuat tembok dengan saluran air untuk menghindari longsor.

Polres Tanjungpinang juga telah mempersiapkan personilnya untuk quick respon atau tanggap darurat bencana apabila terjadi bencana alam seperti banjir, pohon tumbang dan tanah longsor yang juga bekerjasama dengan instansi terkait untuk membantu dan memberikan pertolongan kepada warga masyarakat Tanjungpinang yang mengalami musibah bencana alam.

“Apabila masyarakat mengetahui terjadinya bencana alam dapat menghubungi Call Center di nomor telepon 08117002934, 08127786340 atau 081364724338 dan juga dapat menuju ke kantor polisi terdekat,” katanya.

Ia berharap, dengan mempersiapkan diri serta melakukan langkah-langkah antisipasi, diharapkan semua masyarakat Tanjungpinang dapat terhindar dari musibah dan bencana alam akibat perubahan cuaca yang terjadi.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *