Categories: HEADLINE HUKRIM TANJUNGPINANG

Ada Pos Terapung dalam Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Tanjungpinang

Tanjungpinang, KepriDays.co.id-Polres Tanjungpinang memperketat pengamanan sempena perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Untuk itu, kepolisian mendirikan beberapa pos pengamanan di wilayah hukumnya. Di antaranya adalah pos terapung.

Pos terapung adalah pos yang berada di laut dan konsentrasi pengamanan di wilayah perairan. Selain itu juga berfungsi memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan kapal.

Kapolres Tanjungpinang AKBP M. Iqbal mengatakan pihaknya akan membuat pengamanan yang representatif dan akan berbeda dengan yang sebelumnya.

“Walaupun secara analisis kami dari informasi intelijen yang sudah kita lakukan secara umum bisa kita katakan kondusif tapi kita tetap waspada,” tegasnya, Minggu (15/12/2019).

Sementara itu, Kasat Polair Polres Tanjungpinang Iptu Ardian menambahkan, pos terapung yang disiapkan adalah Kapal 1001 atau C3 yang bisa memuat 15 orang.

“Kalau terkait pos terapung ini kita sudah menyiapkan rencana dari awal dan akhir bulan November itu kita sudah siapkan pos terapung,” katanya.

Di pos terapung itu pikanya akan siagakan personil Polair empat orang kemudian ditambah instansi terkait misalnya kesehatan, Basarnas dan TNI AL.

Ia menjelaskan bahwa pos terapung itu nanti dilakukan mobile link di perairan wilayah hukum Polres Tanjungpinang.

“Mungkin dia (pos terapung) akan berputar ke wilayah Dompak, penyengat dan lainnya. Intinya dia akan patroli di perairan wilayah hukim Polres Tanjungpinang ini,” ucapnya.

Namun, hal itu juga nanti akan dilihat kondisi cuaca di lapangan karena saat ini kurang bagus. Kalau tidak memungkinkan untuk patroli mungkin kebanyakan nanti pos terapung tersebut akan terapung di depan pelantar 1 atau sekitar pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

“Kalau cuaca bagus kita akan berputar agak ke tengah laut dan keliling. Dan, intinya kita akan lebih banyak fokus kesitu (Pelabuhan domestik dan internasioanl) untuk memantau arus-arus kapal yang keluar masuk Tanjungpinang,” tegasnya.

Ardian juga mengatakan, selain pos terapung pihaknya juga sudah standby empat kapal dan satu speedboat. “Jadi kapal kita sudah standby 4 kapal dan 1 speed untuk pelayanan natal dan tahun baru dan kita standby 24 jam,” ungkapnya.

Ia menambahkan, agar masyarakat mengetahui adanya kapal pengamanan natal dan tahun baru ini ada di laut tentu pihaknya akan sosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat.

“Walaupun pos terapung ini bukan hanya tahun ini diadakan, karena tahun kemarin juga sudah ada nanti kita akan sosialisasikan dan juga nanti di kapal tersebut kita pasang spanduk agar masyarakat biasa tahu,” tutupnya.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan