oleh

TNI-Pemerintah Bersatu Demi Rakyat di TMMD ke-107 Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Hari ini, Senin (16/3/2020) menjadi catatan sejarah buat TNI dan Pemerintah di Kota Tanjungpinang.

Pasalnya Kodim 0315/Bintan dan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang bersatu demi rakyat untuk membangun akses di daerah terpencil.

Melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 107 Tahun 2020, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang membantu Rp1 miliar. Hal ini merupakan bentuk dukungan pemerintah setempat terhadap TMMD tersebut.

“Kita (Pemko) sudah menganggarkan Rp1 miliar dari APBD 2020 untuk mendukung kegiatan ini bersama dengan Dewan Tanjungpinang,” ujar Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul saat pembukaan TMMD Ke 107 Tahun 2020 di Lapangan Sepak Bola Kp. Siambang, Kelurahan Dompak Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

Mudah-mudahan kegiatan ini benar-benar menyentuk masyarakat dan tentu berharap kepada Lurah, Camat untuk proaktif bersama dengan TNI melaksanakan kegiatan ini.

“Dana ini nanti akan diperuntukkan untuk gorong-gorong, semenisasi jalan dan untuk pembangunan fisik lainnya,” jelasnya.

Dia menjelaskan, kenapa lokasi kegiatan TMMD tahun ini dilaksanakan di Tanjung Siambang, Dompak karena daerah tersebut salah satu bagian dari akses masyarakat.

“Kita melihat lebih pesifiklah karena Dompak ini akan kita kembangkan dan juga daerah pariwisata makanya dipilih disini (dompak),” jawabnya.

Sedangkan Danrem 033/WP Brigjend TNI Gabriel Lema menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan program (TMMD) yang ke 107 pada Tahun 2020.

Yang mana berdasarkan kebersamaan dengan masyarakat terutama dengan pemerintah yang ke 107 di wilayah Korem 033/Wira Pratama khususnya Kodim 0315/Bintan yang berada di Tanjungpinang tepatnya di lokasi Kampung Tanjung Siambang, Kelurahan Dompak.

Kegiatannya pada tahun ini secara fisik membantu pembukaan jalan semenisasi kurang lebih 1 Kilometer. Kemudian secara non fisik dalam konteks terus meningkatkan ketahanan bangsa lewat berbagai macam kegiatan serta berbagai bidang.

Selama ini mungkin perlu bersama-sama saling membantu, saling mengingatkan lewat sosialisasi-sosialisasi dengan kegiatan ini, tidak hanya dilaksanakan oleh TNI saja tapi kebersamaan dengan pemerintah, karena pemerintah menjadi utama kegiatan ini dilapangan bersama masyarakat.

“TMMD ini juga sekaligus mempercepat pembangunan di daerah karena semua yang dilakukan bersama dengan masyarakat, kemudian direncanakan secara bersama dan secara khusus pemerintah menyiapkan sampai dengan anggaran dan aplikasi di lapangan pun kita bersama untuk berbuat dan bertanggung jawab dengan bersama juga,” jelasnya.

Sementara Dandim 0315/Bintan Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa menambahkan bahwa untuk semenisasi jalan 1.050 meter, pemasangan gorong-gorong dan ada penimbunan.

“Saat ini fokus untuk kegiatan fisik saja,” ucapnya.

Sebenarnya, kata dia, ada penyuluhan tetapi karena situasi tidak mendukung karena wabah virus Corona jadi mungkin ditunda sampai dengan  waktu yang tidak ditentukan.

“Termasuk upacara pembukaan dibatalkan karena kondisi yang tidak memungkinkan karena ada imbauan dari pusat untuk tidak mengumpulkan orang lebih dari 25 orang,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, tambahnya, personil yang akan diturunkan sebanyak 150 orang satgas termasuk masyarakat ikut berperan serta.

“Untuk target selesai kegiatan selama satu bulan yang dimulai dari hari ini, Senin 16 Maret hingga 14 April 2020 mendatang,” tutupnya.

Wartawan: Amri
Editor: Roni


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *