oleh

Cegah Covid-19, PCNU Tanjungpinang Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Tanjungpinang, KepriDays.co.id-Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Kota Tanjungpinang melakukan penyemprotan desinfektan di masjid-masjid, surau serta pondok pesantren. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah nyata berpartisipasi dalam mencegah serta memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Bersama Gerakan Pemuda Anshor dan Barisan Ansor Serba Guna (Banser), kegiatan tersebut dilaksanakan secara maraton selama dua hari mulai Rabu (25/03/2020) sampai Kamis (26/03/2020).

Wakil Ketua PCNU Kota Tanjungpinang Ustadz Fadholi mengatakan, pembentukan
satgas yang diberi nama NU Peduli Covid 19 ini adalah instruksi langsung dari PBNU Pusat. Kemudian PCNU menjalankan instruksi tersebut, termasuk PCNU Kota Tanjungpinang.

Dia juga menghimbau kepada umat Islam, dengan adanya wabah ini, agar semakin mendekatkan diri dan memperbanyak ibadah, doa dan dzikir kepada Allah SWT. Juga memperbanyak taubat atas kesalahan dan dosa-dosa.

“Bagi imam-imam Masjid untuk tetap mengumandangkan Qunut Nazilah disetiap waktu salat 5 waktu, dan doa ba’da salat dengan doa-doa tolak bala serta memohon perlindungan kepada Allah SWT,” katanya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk sama-sama berperan dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang sedang mewabah ini, dengan senantiasa mengikuti protokol kesehatan yang diimbaukan oleh pemerintah.

“Imbauan saya, mari kita dengarkan statemen-statemen para ahli, dan jangan sampai kita terpengaruh oleh info di media sosial (medsos) yang belum tentu bisa dipertanggungjawakan kebenarannya dan menyimpulkan kebenaran tersebut dan asal sumbernya,” imbaunya.

Kemudian, efek virus corona ini ada dari saudara-saudara kita yang kurang beruntung, maka bagi umat Islam yang diberikan rizki lebih olah Allah SWT untuk saling membantu meringankan beban mereka. Karena mereka sudah resah dengan adanya wabah ditambah lagi dengan keresahan ekonomi.

“Mungkin dengan sedikit bantuan kita dengan saling bahu membahu, dapat meringankan keresahan dan beban saudara-saudara kita yang dalam kekurangan. Rasulullah sendiri mengatakan bahwa sedekah adalah menolak dari bala bencana,” katanya.

Sementara itu Ketua GP Ansor Kota Tanjungpinang Zainurrohman saat penyemproan di Surau Arafah Perumahan Bandara Asri, Tanjungpinang Timur mengatakan selain di Surau Arafah juga dilakukan penyemprotan di beberapa Masjid lainnya.

“Masjid Agung Al hikmah, Masjid Nurul Ihsan, Masjid Nurussa’adah, Masjid al Kautsar, Ponpes Al Kautsar, Masjid As Syfa, Mushola Asholihin, TPQ Nahdlatul Wathon,” kata pria yang juga Ketua Pemuda Ashor Kota Tanjungpinang tersebut.

Wartawan : Munsyi Untung
Editor : Roni


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *