oleh

Hasil Rapid Test 8 Orang Positif Corona di Kepri, Kadinkes: Tingkat Sensitifitas 90 persen


Tanjungpinang, KepriDays.co.id-Hasil rapid test atau tes cepat yang dilakukan petugas kesehatan di Tanjungpinang menunjukkan enam orang positif terjangkit virus Corona. Kemudian di Batam juga ditemukan dua orang yang positif Corona dengan metode test tersebut.

Sehingga sampai saat ini hasil tes cepat yang dilakukan di Provinsi Kepri delapan orang dinayatakan positif terjangkit virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana mengatakan 8 orang yang hasilnya positif virus corona dimasukkan dalam kategori pasien dalam pengawasan (PDP).

“Enam orang positif rapid test di Tanjungpinang, dua orang positif rapid test di Batam,” kata Tjetjep, Ahad (29/3/2020) siang di Kantor Gubernur Kepri Dompak Tanjungpinang.

Dia menjelaskan, tes cepat atau rapid tes ini sangat besar manfaatnya. Karena petugas akan mampu secara cepat melakukan langkah-langkah penanggulangan dan rantai penularan segera terputus.

“Tingkat sensitifitas rapid test ini sekitar 90 persen,” katanya.

Namun begitu, lanjut Tjetjep menerangkan, mereka akan di tes lagi melalui PCR dengan di ambil swab. Sehingga meskipun hasil tes cepat delapan orang tersebut dinyatakan positif, sambil menunggu hasil tes dengan PCR, mereka masih dimasukkan dalam PDP.

“Dari WHO menyatakan yang paling valid PCR dengan swab. Rapid test ini kan cepat dengan mengambil sample darah, kalau PCR swab dari dalam hidung dan tenggorokan,” ujar Tjetjep.

Untuk diketahui 6 orang positif dari Tanjungpinang tersebut pernah mengikuti kegiatan di Malaysia. Mereka tadi mengikuti Rapid Test oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang dan Pemprov Kepri di Mesjid Baiturrahman Sei Jang. Sebanyak 18 orang yang di tes cepat, 12 orang dinyatakan negatif dan 6 orang postif.

Sedangkan dua orang lagi yang positif di tes cepat di Batam.

Sebelumnya tes dengan metode PCR, di Kepri terdapat enam orang yang sudah dinayatakan positif terjangkit Corona. Satu orang positif meninggal dunia.

Penulis: Roni
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *