oleh

Antisipasi Kerumunan, KPU Kepri Tambah 186 TPS pada Pilkada 2020


Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Untuk mengantisipasi kerumunan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri memutuskan menambah 186 Tempat Pungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Penambahan itu diputuskan setelah KPU Kepri melaksanakan rapat daring dengan KPU Kabupaten/kota, Jumat (5/6/2020) dengan agenda utamanya adalah memetakan ulang perkiraan jumlah TPS untuk Pilkasa serentak 2020 di Kepri.

“Semula, ketentuan yang berlaku adalah paling banyak 800 pemilih per TPS. Sehingga, kami merencanakan jumlah TPS se Kepri sebanyak 3.402 TPS,” ujar Komisioner KPU Kepri divisi program dan data, Priyo Handoko.

Namun, merespon mewabahnya virus Corona atau Covid-19 saat ini, ketentuan itu berubah menjadi paling banyak 500 pemilih per TPS, dengan harapan potensi terjadinya kerumunan disetiap TPS bisa diminimalisir sebagai pencegahan penularan Covid-19.

“Karena batas maksimal pemilih di TPS dikurangi, maka jumlah TPS yang direncanakan menjadi bertambah. Setelah kami simulasikan, jumlahnya adalah 3.588 TPS atau bertambah 186 TPS dari rencana awal,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya penambahan jumlah TPS tersebut tentu akan berdampak kepada anggaran. Mulai honor 9 orang petugas di TPS, biaya pembentukan TPS hingga logistik.

“Karena TPS bertambah otomatis perlu tambahan bilik suara, tambahan kotak suara dan perlengkapan lainnya. Belum lagi soal  kebutuhan APD dan hal-hal yang berkaitan dengan protokol Covid-19,” jelasnya.

Namun, untuk besaran anggaran yang dibutuhkan pada Pilkada serentak 2020 ini pihaknya masih melakukan penghitungan.

“Untuk anggaran, KPU Kepri bersama KPU Kabupaten/kota masih menghitungnya dengan cermat,” tutupnya.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *