oleh

Tak Gratis, Ini Biaya Tes Cepat Covid-19 dan Tes Kesehatan untuk Perjalanan di RSUD RAT

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Masyarakat yang ingin melakukan rapid test atau tes cepat deteksi covid-19 bisa dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Thabib (RAT) Provinsi Kepulauan Riau Kota Tanjungpinang. Namun tes cepat ini tidak gratis.

Masyarakat harus membayar sebesar Rp. 415.000,- hanya sekali tes cepat covid-19. Rincian dari angka itu, Rp. 15.000 merupakan pendaftaran dan alat Rapid Test Rp. 400.000.

Berbeda jika masyarakat ingin melakukan tes kesehatan guna perjalanan, biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 618.600 dengan rincian pendaftaran Rp. 15.000, Pemeriksaan Dokter Umum Rp. 50.000, Pemeriksaan Penunjang Rontgen Thorax Rp. 99.600, Pemeriksaan Darah Rutin Rp. 54.000, Rapid Test Rp. 400.000.

Plt. Direktur RSUD RAT dr. Elfiani Sandri membenarkan biaya tersebut. Ia mengatakan, biaya rapid tes bisa berbeda di berbagai rumah sakit, tergantung biaya dan tarif yang ditetapkan rumah sakit tersebut.

“Klinik juga bisa melakukan rapid tes, tarifnya menurut klinik tersebut juga,” katanya kepada KepriDays.co.id, Sabtu (06/5/2020).

Sedangkan jika masyarakat yang melakukan Rapid Test ternyata bergejala corona atau reaktif, Sandri menjelaskan, pihaknya akan melakukan karantina terhadap masyarakat tersebut.

“Jika ada gejala corona atau rapid tes reaktif, orang tersebut akan di karantina lebih lanjut, sesuai protap penanganan covid. Nanti RS koordinasikan dengan Gugus tugas/dinas kesehatan. Jika orang sudah dikarantina atau dirawat, penanganan/perawatan selanjutnya tidak ditarik biaya,” terang Sandri.

Sementara bagi masyarakat yang tidak bergejala atau reaktif, Sandri mengatakan, orang tersebut akan mendapatkan surat kesehatan dan tidak terpapar Corona dengan jangka waktu.

“Mengenai masa berlakunya, kita mengikuti seperti yang sudah disampaikan oleh Gugus Tugas Nasional dan Kemenkes yaitu 3 Hari. Awalnya berlaku 7 hari, tapi sekarang sudah ada revisi, berlakunya 3 hari,” jelas Sandri.

Penulis: Roni
Editor: Ikhwan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.