oleh

351 TKA Asal China Masuk ke Bintan Melalui RHF Tanjungpinang, KKP Siaga Covid-19

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Hari ini, Sabtu (8/8/2020), kurang lebih 351 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China akan masuk ke Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri melalui Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang.

Mereka merupakan tenaga ahli untuk percepatan pembangunan peralatan di PT. Bintan Alumina Indonesia (BAI) di Kawasan industri Galang Batang, Bintan.

“Kita akan kedatangan kurang lebih 351 orang TKA dari China. Yang saya tau mereka semua tenaga ahli, tapi ada juga WNI yang disekolahkan disana sebagai tenaga ahli juga,” ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjungpinang, Agus Jamaludin di Bandara RHF Tanjungpinang saat menunggu kedatangan TKA.

Jumlah itu terbagi dari tiga flight atau penerbangan dengan menggunakan maskapai Citilink. Flight pertama kurang lebih pukul 14.30 WIB. Itu yang dari Direct China-Tanjungpinang.

Kemudian sorenya diatas pukul 15.00 WIB disusul dua flight dari China-Jakarta dan dari Jakarta-Tanjungpinang. Mereka menggunakan jalur khusus.

Oleh karena itu, KKP langsung siaga Covir-19 di pintu masuk negara dengan menerapkan protokol kesehatan. Karena hal ini sesuai dengan Undang-undang nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan dan surat edaran Menteri Kesehatan nomor 332 tahun 2020 tentang pelaku perjalanan di pintu masuk negara baik WNI maupun WNA.

“Tentu langkah yang kami lakukan adalah seluruh penumpang harus menggunakan masker serta pelaku perjalanan memiliki surat tes PCR dengan hasil negatif. Dari KKP menurunkan kurang lebih 28 orang termasuk saya,” katanya.

Selain itu, dalam rangka deteksi dini pihaknya juga akan melakukan rapid test ulang sebagai screnning faktor risiko tahapan Covid-19.

Apabila ada yang dinyatakan reaktif, maka pihaknya akan melakukan penyelidikan epidemiologi berupa wawancara kepada yang bersangkutan.

“TKA akan dikarantina mandiri di wisma karantina PT BAI dengan pengawasan Satgas Covid-19 Kabupaten Bintan. Muda-mudahan tidak ada yang reaktif,” harapnya menutup.

Wartawan: Amri
Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.