oleh

Disdukcapil Launching Aplikasi Si Kancil, Irianto: Masyarakat Bisa Mengurus Apa Saja Secara Online

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Tanjungpinang melauncing aplikasi android Sistem Informasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Si Kancil), Jumat (4/9/2020) di Ruang Rapat Disdukcapil di jalan Kijang Lama, Tanjungpinang, Kepri. Aplikasi tesebut bisa didownload di playstore.

Kepala Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto menyampaikan, aplikasi Si Kancil bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan atau pencatatan sipil seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Kematian dan lainnya sistem online.

Apalagi dimasa pandemi virus Corona atau Covid-19 saat ini, sehingga banyak masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu untuk mengurus dikumen kependudukannya secara manual.

“Sekarang masyarakat bisa mengurus apa saja di Disdukcapil melalui Si Kancil, yang bisa didownload di Playstore atau di https://bit.ly/32KL8NT,” ujar Irianto usai melounching aplikasi Si Kancil.

Dengan adanya aplikasi tersebut, masyarakat tidak perlu membuang waktu untuk mengantre dalam mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil masing-masing warga.

Bahkan, apabila ada masyarakat yang ingin mencetak KK dan lainnya bisa dirumah. Karena, sekarang mencetak bisa menggunakan kertas HVS warna putih ukuran A4 80 gram.

“Yang tidak bisa dicetak dari dirumah KTP-e dan KIA karena harus pakai blangko, yang lainnya bisa. Ini baru pertama di Tanjungpinang, jadi masyarakat kita tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil dan capek antre,” jelasnya.

Menurutnya, pencetakan menggunakan HVS ini merupakan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang meminta agar seluruh jajaran Disdukcapil memberikan pelayanan yang mudah.

Sementara, bagi masyarakat yang tidak mempunyai Handphone (Hp) android, maka pihaknya tetap membuka pelayanan tatap muka, dengan megurus berkas dikantor.

“Kalau yang tidak ada Hp android silahkan datang kekantor, kita layani tatap muka,” ucapnya.

Sementara, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Tamrin Dahlan menyampaikan apresiasi atas dilounchingnya aplikasi Si Kancil tersebut.

“Mudahan Si Kancil ini benar berfungsi dang baik dan menjaga ke Propfesionalnya. Yang paling penting menyimpan data dengan baik,” harapnya.

Wartawan: Amri



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *