oleh

Jadi Tuan Rumah MTQ Kepri di Tengah Pandemi, Rahma: Ini Kerja Mulia

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang mengirimkan 49 orang kafilah untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) VIII tingkat Provinsi Kepri. Pelepasan dipakukan oleh Plt Wali Kota Tanjungpinang Rahma, Jumat (18/9/2020) di Hotel Sunrise City Tanjungpinang.

MTQ VIII tingkat Provinsi ini dijadwalkan akan berlangsung mulai 19 sampai 24 September 2020 di kota Tanjungpinang, Kepri.

Rahma mengatakan, pelaksanaan MTQ tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dalam situasi pandemi virus Corona atau Covid-19. Protokol kesehatan mesti diterapkan dengan ketat.

“Saat ini kita masih berdampingan dengan Covid-19. Untuk itu, tetap waspada dan tetap jalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini Pemko berupaya untuk tidak mengadakan kegiatan yang mengundang peserta dari luar daerah.
Tentu, perhelatan MTQ di tengah pandemi Covid-19 yang menghadirkan peserta dari luar daerah ini menjadi kehawatiran banyak kalangan. Namun, karena ini kerja mulia, peserta juga bukan orang sembarangan.

“Mereka datang untuk melantunkan ayat Allah. Justru, lantunan ayat Suci Allah akan memberikan perlindungan bagi kita semua. Sehingga, apa yang dikhawatirkan manusia atas kehendak Allah tidak terbukti,” katanya.

Dia berharap, semoga seluruh rombongan dan kafilah yang masuk ke Tanjungpinang dalam keadaan sehat dan keluar juga dalam kondisi sehat.

Selain itu, dia juga perpesan agar para kafilah selalu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, supaya bisa tampil prima. Manfaatkan waktu luang untuk berlatih sesuai cabang yang diikuti.

“Yang terpenting adek-adek harus ceria dan tetap semangat. Kobarkan semangat bahwa saudara-saudara bisa meraih prestasi terhormat pada ajang MTQ tingkat provinsi nanti,” ucapnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Tamrin Dahlan menjelaskan dalam ajang MTQ VIII tingkat Provinsi Kepri ini para peserta akan mengikuti perlombaan cabang, golongan yaitu tilawah anak, remaja, dewasa, tilawah qiraat mujawwad, dan qiraat murattal putra dan putri.

Kemudian, cabang hifzil Qur’an golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, 30 juz putra dan putri. Cabang tafsir Qur’an yaitu bahasa inggris putri dan tafsir bahasa Indonesia putra dan putri.

Cabang tarhil Qur’an putra dan putri, cabang fahmil Qur’an putra dan putri, cabang khath Qur’an golongan naskah dan mushaf kontemporer putra dan putri, serta cabang Musabaqah Makalah Quran putra dan putri.

“Selama pelaksanaan kafilah Kota Tanjungpinang di inapkan di hotel sunrise,” jelasnya.

Sedangkan, untuk perlombaan akan dilaksanakan dibeberapa tempat yakni, arena utama taman Gurindam, Masjid Al-Fur’qon, Masjid Agung Al-Hikmah, Masjid Nur Ilahi Dompak, aula asrama haji, gedung Aisyah Sulaiman, gedung Veteran dan aula SMP Negeri 4 Tanjungpinang.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *