oleh

Bawaslu Tanjungpinang Buka Lowongan Pengawas TPS Sebanyak 443 Orang, Ini Syaratnya

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Jelang Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri membuka pendaftaran sebanyak 443 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) atau Pengawas TPS, mulai 3-15 Oktober 2020. Jumlah itu sesuai dengan jumlah TPS dengan masing-masing TPS satu orang.

“Saat ini kita sudah mulai masa pengumuman, maka kita mengajak dan mengimbau kepada masyarakat Tanjungpinang bisa berpartisipasi untuk ikut bergabung menjadi pengawas di TPS,” Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini, Selasa (29/9/2020) di kantornya.

Secara umum persyaratan administrasi yakni KTP, Ijazah, Poto dan daftar riwat hidup. Tapi yang paling penting dan mendasar mereka yang bergabung nanti menjadi pengawas adalah mereka yang memiliki integritas tinggi, sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya untuk menegakkan keadilan Pemilu.

Kemudian, mereka yang profesionalitas, memahami terhadap peraturan dan perundang-undangan Pemilu.

“Nanti mereka yang tergabung akan dilakukan proses wawancara untuk menguji integritas dan profesionalitas mereka,” katanya.

Selain itu, untuk batas usia minimal 25 tahun dan batas maksimal pihaknya akan perhatikan dari sisi kesehatan, apakah memungkin nanti.

Karena, faktor kesehatan sangat penting karena pengalaman pada Pemilu 2019 meskipun Tanjungpinang semuanya sehat dan tidak ada permasalahan, namun di Indonesia bagian lain bayak yang meninggal baik petugas KPPS dan Pengawas TPS.

Nah, hal ini menjadi perhatian Bawaslu Tanjungpinang untuk memperhatikan masalah usia dan kesehatannya.

“Kita pastikan memang betul-betul sehat lahir, bathin, rohani dan jasmani. Apalagi di pandemi virus Corona atau Covid-19 saat ini maka faktor kesehatan itu menjadi perhatian,” katanya.

Setelah itu, akan dilakukan pembahasan dan nanti proses perekrutan secara langsung dilakukan oleh Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kota Tanjungpinang.

Nah, bagi masyarakat yang berminat silahkan datang langsung ke 4 Panwascam yang ada di Tanjungpinang yakni Panwascam Tanjungpinang Timur, Barat, Kota dan Bukit Bestari.

“Atau informasi lebih lanjut bisa juga datang ke kantor kita (Bawaslu Tanjungpinang) tetapi sifatnya nanti kita akan memberikan arahan langsung mendaftarkan diri ke Panwascam,” katanya.

Kemudian, begitu nanti sudah terpilih, akan diberikan Surat Keputusan (SK) dan dilantik. Mereka juga akan diberikan orientasi pembekalan sekaligus diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) sebagai pengawas TPS.

Namun, terkait honornya apakah akan tetap seperti sebelumnya dia mengaku belum mengetahui karena hingga saat ini pihaknya masih menunggu arahan dari Bawaslu RI seperti apa.

“Kalau sebelumnya Rp1 juta per orang, cuma sekarang kita belum tau dan masih menunggu arahan Bawaslu RI,” ucapnya menutup.

Wartawan: Amri



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *