oleh

Tiba di Bandara RHF Tanjungpinang, Ratusan TKA Asal Tiongkok Dilakukan Pemeriksaan Covid-19

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Sebanyak 150 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok akan masuk lagi ke Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri melalui Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang menggunakan pesawat Qingdao Airlines.

Mereka merupakan tenaga ahli untuk percepatan pembangunan peralatan di PT. Bintan Alumina Indonesia (BAI) di Kawasan industri Galang Batang, Bintan.

“Siang ini, InsyAllah akan datang 150 orang TKA asal China yang memang nanti menuju PT BAI,” ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjungpinang, Agus Jamaludin di Bandara RHF Tanjungpinang.

Jumlah itu sebagai tindak lanjut yang datang sebelumnya, sehingga totalnya menjadi 500 orang TKA di luar WNI waktu itu hadir. Kemudian, protokol kesehatan tetap diaksanakan meskipun mereka sudah membawa hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) negatif.

“Kita tetap melakukan wawancara, pengukuran suhu, denyut nadi dan tanda gejala yang mengarah ke Covid-19 serta tidak lupa mengisi elektronik Health Alert Card (eHAC) atau kartu kewaspadaan kesehatan berbasis digital,” ucapnya.

Hal ini dilakukan dalam rangka skrining atau kewaspadaan di pintu masuk negara. Selasai proses dipintu masuk negara mereka langsung dikarantina 14 hari di wisma karantina PT BAI yang diawasi oleh tenaga kesehatan Bintan dan petugas kesehatan klinik PT BAI

Terpisah, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Kabupaten Bintan, Indra Hidayat mengatakan, hasil koordinasi yang dilakukan oleh pihaknya dengan pihak Provinsi bahwa TKA yang datang untuk percepatan pembangunan PT BAI.

“Informasi dari pengawas tenaga kerja seluruh perizinan yang dikeluarkan oleh kementrian tenaga kerja sudah lengkap,” katanya.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *