oleh

Bergumul Oli Dimasa Pandemi Covid-19

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Muhammad Joni Jaya atau biasa di sapa Apin terlihat murung di pagi hari, Senin (26/10/2020).

Tidak seperti bulan-bulan sebelum pandemi Covid-19, ia pasti sibuk bergumul oli bekas habis memperbaiki mesin kendaraan roda empat di bengkelnya.

Kali ini bengkel mobil Asia yang terletak di Jalan Bintan Center Tanjungpinang itu, tidak ramai seperti dulu. Terlihat hanya sisa botol oli bekas, peralatan bengkel dan pencuci tangan pakai sabun.

Bengkel mobil ini sejak pandemi corona, kata Apin, sepi langganan yang masuk. Bahkan sempat tutup di awal pandemi corona terjadi.

Demi bertahan hidup, Apin terpaksa harus buka bengkelnya apalagi ia harus membayar sewa tempat usaha itu. Dengan menerapkan kebijakan pemerintah mematuhi protokol kesehatan, Apin pun membuka bengkelnya kembali pada bulan Mei 2020 lalu.

“Ya gini keadaannya sepi sejak corona. Ada satu dua mobil masuk, paling ganti oli dan cek head mesin,” katanya.

Meski begitu, Apin tak begitu mengeluh, ia mensyukuri apa yang didapat dari usaha bengkelnya. Apin juga tidak keberatan bekerja betulin mobil bergumul dengan oli sambil menggunakan masker.

Baginya kesehatan juga penting. Ia sangat mematuhi protokol kesehatan. Masker tak lepas dari wajahnya. Bahkan, ia mengatakan, sudah memakai masker dan rajin mencuci tangan sejak pandemi corona.

Ia juga tidak ingin terpapar virus tersebut. Ia mengatakan, sangat sayang dengan anak dan istrinya di rumah. Walau pandemi buat penghasilannya berkurang, Apin percaya virus ini akan berlalu.

“Terpenting kesehatan way, kita ikut peraturan pemerintah untuk pakai masker,” ujarnya.

Apin berharap pemerintah bisa menemukan vaksin virus corona, agar kegiatan usaha seperti bengkelnya bisa kembali seperti dulu. Karena, kata Apin, penghasilannya sangat pas-pasan untuk menghidupi keluarga. Untungnya keluarganya mendapat bantuan sembako dari pemerintah daerah ini.

“Pengen sekali corona ini berakhir, biar rame lagi kek dulu. Ya sekarang ini segini gini saja penghasilan, kita syukuri ajalah way,” ungkapnya sambil memperbaiki mesin mobil pelanggan.

Penulis: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *