oleh

Dua Hari, Denda Tak Pakai Masker Terkumpul Rp3 Juta Lebih

Tanjungpinang, KepriDats.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tanjungpinang telah melakukan penerapan Peraturan Walikota (Perwako) Tanjungpinang tentang Protokol Kesehatan (Prokes). Diantaranya dengan menggelar razia tidak memakai masker dibeberapa titik di Tanjungpinang dan memberlakukan denda bagi pelanggarnya.

Kasatpol PP Kota Tanjungpinang, Hantoni menyampaikan, hingga saat ini belum mengetahui secara pasti berapa jumlah total yang terjaring razia Prokes.
Namun, razia dua hari pertama yang dilakukan oleh pihaknya telah menemukan sekitar 64 orang yang terkena sanksi administrasi atau denda Rp50 ribu dan sanksi sosial sekitar 19 orang sesuai Perwako itu.

“Kalau yang malam tadi saya belum dapat informasi berapa, tapi yang dua hari yang lalu sudah terkumpul sekitar Rp3 jutaan lebih,” ujarnya, Kamis (19/11/2020) di Potong Lembu saat penyerahan bantuan alat Damkar.

Menurutnya, Rp3 juta lebih itu baru perorangan saja, karena pihaknya belum menyentuh pelaku usaha. Untuk pelaku usaha nanti tunggu tanggal mainnya.

“Dana itu langsung kita stor ke kas daerah melalui bank. Satu kali 24 jam langsung kita distor,” ucapnya.

Dia menyayangkan, selama dilakukan sosialisasi kemarin ternyata masih ada beberapa masyarakat yang belum memahami pentingnya memakai masker.

“Kalau sadar saya rasa mungkin sadar ya, tapi kenyataannya ketika kita razia banyak terjaring, ada yang maskernya dibawa tapi diletak dalam saku dan lain sebagainya. Itu kebanyakan pengendara roda dua,” jelasnya.

Kalau yang roda empat, rata-rata karena menganggap di dalam mobil tidak masalah tidak makai masker. Tetapi, Perwako itu menyebutkan apabila melaksanakan aktivitas diluar rumah wajib memakai masker.

“Muda-mudahan dengan kita melakukan razia ini paling tidak masyarakat patuh dengan Prokes itu sendiri,” harapnya menutup.

Wartawan: Amri



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *