oleh

Pandemi Covid-19, Biaya Umrah Naik Rp6 Juta

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Biaya ibadah umrah naik sebesar Rp6 juta dari biaya sebelumnya Rp20 juta. Sehingga kini untuk melaksanakan ibadah umrah masyarakat harus menyiakan biaya Rp26 juta.

“Biaya umrah di referensi yang ditetapkan itu Rp26 juta yang sebelumnya Rp20 juta, artinya naik Rp6 juta,” ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepri, Afrizal, Rabu (20/1/2021) kemarin.

Kenaikan itu, kata dia, atas pertimbangan pusat karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, sehingga ada beberapa biaya yang ditimbulkan salah satunya biaya test swab dan juga alat perlengkapan Protokol kesehatan (prokes).

“Biaya swab inikan menjadi tanggung jawab pihak penyelenggara. Jadi pemerintah menaikkan referensinya itu jangan sampai prokes diabaikan,” jelasnya.

Menurutnya, dengan biaya tersebut jamaah tidak memikirkan biaya swab dan alat prokes lainnya. Artinya, jamaah menerima bersih. Dia juga menambahkan bahwa kenaikan tarif ini tidak diketahui sampai kapan.

“Mungkin melihat situasi Covid-19 ini ya. Ini nanti akan dievaluasi terus,” ucapnya.

Saat disinggung, untuk tahun ini ada gak Jamaah Calon Haji (JCH) yang akan diberangkatkan ke tanah suci.

“Ini yang masih belum bisa diputuskan oleh pemerintah pusat, tapi kalau sudah bisa kita akan mempersiapkan tahap-tahapan itu di Indonesia. Jadi ketika Arab Saudi sudah mengizinkan lagi kita sudah siap,” jawabnya.

Intinya, lanjutnya, tergantung Arab Saudi apakah membuka pintu untuk Haji atau belum, yang penting pihaknya di daerah hanya mempersiapkan JCH.

Namun, kalau nantinya Arab Saudi sudah membuka pintu pihaknya akan mengutamakan yang batal kemarin.

“Yang batal kemarin prioritas utama kita. Mungkin di tahun ini ada tiga opsi, yang pertama diberangkatkan semua apabila situasi sudah aman atau vaksinnya betul-betul efektif atau berangkat sebagian ataupun tidak berangkat sama sekali. Ini yang terus dievaluasi pemerintah,” tutupnya.

Wartawan: Amri
Editor: Ikhwan


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *