oleh

DPRD Kepri Sayangkan Isdianto Tak Hadir Paripurna Pengumuman Akhir Jabatan

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri menggelar rapat Paripurna pengumuman berakhirnya masa bhakti Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri masa jabatan tahun 2016-2021, Rabu (3/2/2021) diruang rapat sidang utama DPRD Kepri di Dompak. Namun, dalam paripurna Gubernur Kepri, Isdianto tidak hadir.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Lis Darmansyah mengaku sangat disayangkan tidak hadirnya Gubernur Kepri.

Dia menilai, paripurna tersebut tidak ada berkesan apapun dan tidak ada poinnya. Bahkan, masyarakatpun tidak ke publis.

“Kalau menurut saya sangat disayangkan etikanya paripurna pengumuman masa akhir jabatan tidak dihadiri oleh Gubernurnya,” ujar Lis usia paripurna.

Menurutnya, kalaupun berhalangan tidak bisa dihadiri kan bisa diundur jadwalnya. “Mohon maaf, saya sebagai anggota dewan merasa gak ada kesan apa-apa,” katanya.

Memang, lanjutnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), TS Arif Fadillah menghadiri paripurna mengantikan Gubernur serta membacakan sambutan.

“Memang Pak Sekda juga bacakan, tapi kapasitasnya sebagai apa, masa jabatan Sekda kan gak,” jelasnya.

Dia menambahkan, Biro Pemerintahan harusnya menyampaikan juga tatanan pada saat pengumuman masa akhir jabatan. Itukan harusnya ada jadwal sambutan.

“Inikan kita bukan bicara mekanisme laporan masa akhir jabatan, itu beda lagi dan itu nanti ada jadwalnya,” ungkapnya.

Tetapi paling tidak, harusnya disini tadi ada sambutan dari Gubernur, namanya juga pengumuman. Nah, sambutan Gubernur itu sebagai pengantar masa akhir jabatan.

“Kan pengumuman masa bhakti jabatan, ada sambutannya,” tutupnya.

Terpisah, Anggota DPRD Kepri Nyanyang Haris Pratamura dari Partai Gerindra juga menyayangkan ketidakhadiran Gubernur Kepri Isdianto. Menurutnya Gubernur selayaknya hadir pada paripurna tersebut.

Ia menambahkan, landasan yang dicapai Pemprov Kepri dalam sidang tersebut dari versi DPRD, namun pandangan umum yang harus dilakukan harusnya dibacakan oleh Gubernur atau Sekda harus ada tertulis atau secara langsung dapat diketahui masyarakat umum.

“Karena bagi masyarakat umum, sesudah habis masa jabatan Gubernur harus mengetahui. Kalau seperti ini kita tidak tahu apa-apa saja yang sudah dicapai terkait dengan Gubernur selama masa tugasnya,” kata Nyanyang.

Nyanyang mengatakan, capaian-capain Gubernur memang sudah ada di RPJMD dan LKPD, tapi ini terkait akhir masa tugas harusnya Gubernur menyampaikan pandangan atau sambutan dan ucapan terima kasih kepada Muspida, Dinas-Dinas dan para pembantunya.

“Katidakhadiran Gubernur apakah sibuk atau bagaimana, saya juga tidak tahu. Tapi alangkah bagusnya atau eloknya beliau bisa hadir dan menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Kepri yang sudah memberikan amanah kepada beliau selama menjabat. Ini kan etika,” kata Nyanyang mengakhiri.

Wartawan: Amri/Untung
Editor: Roni


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *