oleh

Belasan Jurnalis AJI Tanjungpinang Ikuti Workshop Literasi Data

Tanjungpinang, Kepridays.co.id-Belasan jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang ikut dalam Workshop Literasi Data yang ditaja oleh AJI Indonesia bersama USAID dan Internews. Kegiatan ini bertujuan
memprkuat kapasitas jurnalis dalam menyajikaan data sebagai salah satu sumber berita.

Ini adalah sebuah program peningkatan kapasitas jurnalis mengenai sumber-sumber data terbuka yang bisa digunakan untuk membuat news story dan membuat liputan berbasis data, serta mendorong kolaborasi antara jurnalis, media, dan pemilik data dalam membuat liputan berbasis data dan memberikan akses informasi yang lebih baik kepada publik.

Peserta yang terpilih dalam Workshop Literasi Data dilatih oleh trainer yang ditunjuk oleh AJI Indonesia. Gol yang diharapkan adalah untuk meningkatkan pemahaman jurnalis mengenai sumber-sumber data terbuka yang bisa digunakan untuk membuat news story dan membuat liputan berbasis data, serta mendorong kolaborasi antara jurnalis, media, dan pemilik data dalam membuat liputan berbasis data dan memberikan akses informasi yang lebih baik kepada publik.

Kegiatan dilaksanakan secara daring dengan jumlah 8 (delapan) sesi yang terbagi menjadi 4 (empat) kali pertemuan. AJI Tanjungpinang sebagai salah satu pelaksana training sudah menggelar kegiatan ini pada 15-16 September 2021 untuk sesi 1 sampai empat. Kemudian sesi 5-8 digelar pada 25-26 September 2021.

Kegiatan ini diikuti belasan jurnalis dari berbagai platfom media yang ada di Provinsi Kepri. Adapun trainer kegiatan ini adalah Aries Munandar, dan Eviera Paraminta Sandi. Selain itu ada juga turut bergabung dalam memberikan penjelasan adalah Adi Marsiela.

Rico Barino salah satu perserta training mengatakan, kegiatan ini memberikan diri pengetahuan baru. Karena banyak ekosistem yang ada bisa dipergunakan untuk memperkaya data. Baginya, pelatihan ini menjadi pengetahuan baru. Karena data memainkan peran penting dalam menyajikan sebuah pemberitaan. (*)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *