oleh

Kepri Waspadai Lonjakan Covid-19 Gelombang Ketiga

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Pemerintah Provinsi Kepri mengambil langkah guna mengantisipasi gelombang ketiga lonjakan wabah Covid-19 yang diprediksi akan terjadi pada Desember 2021 mendatang.

Dengan hal tersebut, Pemprov Kepri menghimbau kepada masyarakat agar waspada dan tidak mengendorkan penerapan protokol kesehatan (Prokes) guna pencegahannya.

“Kita semua harus waspada dengan hal-hal yang mungkin akan terjadi dengan lonjakan penyebaran Vovid-19  gelombang ketiga itu,” kata Tjetjep Yudiana yang merupakan Wakil Ketua Satgas Penangan Covid-19 Provinsi Kepri, Kamis (21/10/2021).

Tjetjep menjelaskan, dengan perkembangan kasus saat ini yang mana angka terkonfirmasi positif sudah turun derastis dan dan dapat ditekan. Bahkan, Kepri sudah berstatus level 1 dalam penerapan PPKM, namun potensi penyebaran gelombang ketiga Covid-19 masih bisa terjadi.

“Untuk itu, kita harus tetap mewaspadai hal tersebut karena lonjakan tersebut bisa saja terjadi,” ujarnya.

Tjetjep juga menambahkan, apabila melihat kasus-kasus di sejumlah negara yang saat ini tengah berjuang melawan lonjakan Covid-19, seperti Singapura, Malaysia, Inggris dan negara lainnya ini harus diwaspadai.

Sebab lanjutnya, berdasarkan pengalaman dimana lonjakan kasus Covid-19 sebelumnya, Indonesia khususnya Provinsi Kepri akan terimbas pada tiga bulan setelah terjadi di negara-negara tersebut.

“Kita prediksi gelombang ketiga Covid-19 di Keprinbisa terjadi pada bulan Desember 2021 mendatang,” tegasnya.

Prediksi lonjakan kasus Covid-19 ketiga tersebut jelasnya, sangat masuk akal, karena pada bulan Desember tersebut merupakan musim liburan sekolah, natal dan tahun baru.

Dimana, sudah pasti akan terjadi lonjakan mobilitas masyarakat dari satu wilayah ke wilayah lainnya atau dari negara ke negara lainnya akan meningkat

“Untuk itu, kita harus antisipasi sejak dini, jangan sampai masyarakat lalai menerapkan protokol kesehatan,” harapnya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga sebelumnya sudah mewanti-wanti agar masyarakat Kepri untuk mewaspadai bila ada lonjakan kasus Covid-19 di Kepri ini, ditengah melandainya kasus corona saat ini.

“Ya semua komponen harus mewaspadai, jangan sampai kita lengah dan abai dalam menjaga prokes ini,” katanya.

Pemerintah Kepri juga tambahnya, terus melakukan vaksinasi kepada masyarakat, baik yang baru akan vaksinasi tahap pertama dan juga yang akan vaksinasi untuk yang kedua.

“Ini bentuk ikhtiar kita mengantisipasi penyebaran corona. Kita juga terus menghimbau masyarakat untuk menerapkan prokes dengan baik,” harapnya.

Editor: Ronio



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *