oleh

Roby Tinjau Pelayanan Pelaksanaan Kontrasepsi MOW Gratis

Advetorial, KepriDays.co.id – Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan berkesempatan meninjau langsung kegiatan pelayanan KB dengan MOW Gratis di RSUD Bintan, Sabtu (23/10) pagi. Ia juga mengatakan mengapresiasi kinerja Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Bintan beserta jajaran atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Ini tentu sangat luar biasa, bagaimana pemerintah berusaha untuk meningkatkan pelayanan KB kepada masyarakat,” katanya.

Metode Operasi Wanita (MOW) atau dalam istilah medis disebut tubektomi, adalah metode kontrasepsi yang bersifat sukarela bagi seorang wanita. Biasanya, tindakan ini dipilih oleh wanita yang sudah memiliki lebih dari tiga anak, berusia di atas 30 tahun, atau tidak menginginkan keturunan lagi. Sterilisasi ini juga kerap menjadi pilihan bagi wanita yang kehamilannya berisiko tinggi. 

Kepala BP3KB Bintan, Mardiah menuturkan bahwa pelaksanaan kegiatan pelayanan KB gratis MOW ini dilaksanakan di RSUD Bintan mulai dari tanggal 21 hingga 6 November tahun 2021. Menurutnya juga sebelum dilakukan tindakan MOW, Calon Akseptor telah melalui 2 tahap skrining/ pemeriksaan awal yaitu pertama skrining di puskesmas terdekat lalu skrining kedua di lakukan di RSUD Bintan serta melakukan tes Rapid Antigen. 

” Jumlah peserta akseptor mencapai 60 orang se Kabupaten Bintan dengan akseptor terbanyak dari Kecamatan Teluk Sebong sebanyak 20 orang,” ujarnya 

Dalam kegiatan tersebut, Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan juga menyerahkan bantuan uang pengganti biaya hidup sebesar 300 ribu rupiah kepada akseptor selama mereka di rawat. Roby juga terlihat memberikan buah tangan dalam kunjungannya tersebut. Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur RSUD Bintan, dr Benni Antomi, Camat Bintan Timur, Sofian dan jajaran terkait lainnya. ***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *