oleh

Kasus Covid-19 Terus Berkurang di Tanjungpinang

Tanjungpinang, KepriDays.co.id -Kasus aktif covid-19 di Kota Tanjungpinang terus berkurang, hingga Jumat (22/10) total pasien terpapar tersisa delapan kasus dengan gejala ringan dan non gejala. 

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) covid-19 Kota Tanjungpinang, dua hari belakang tidak ada lagi penambahan kasus baru sementara pada hari yang sama terdapat empat pasien yang selesai menjalani karantina. 

Dari kasus aktif yang tersisa, empat diantaranya menjalani karantina terpadu di Villa Lohas dan empat orang menjalani isolasi mandiri (Isoman). 

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), meski penyebaran kasus covid-19 semakin menurun. 

“Hari ini semuanya punya peran, mulai anak-anak sampai orang dewasa. Jadi, kita tidak boleh lalai, tetap jalankan prokes. Jangan euforia apapun hasilnya,” kata Rahma, Jumat (22/10/2021).

Karena, lanjut Rahma, wabah ini tidak dapat dipastikan kapan berakhir. Walaupun sudah divaksin, bukan jaminan tidak terpapar. Selain ikhtiar dan berdoa kepada Allah, kita juga harus mampu menjaga diri supaya tidak terpapar.

Untuk menekan penyebaran di tingkat keluarga, siapapun nanti yang terkonfirmasi positif, secara otomatis akan dibawa ke villa lohas untuk menjalani isolasi terpadu (isoter). Hal ini, supaya tidak sampai menularkan virus ke anggota keluarga lainnya.

“Jadi, harus terpisah sesaat dengan keluarga. Mohon betul-betul waspada,” pinta Rahma. 

Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 54 tahun 2021 terkait Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3, level 2, dan level 1, kota Tanjungpinang ditetapkan berstatus PPKM level 2, setelah sebelumnya sempat pada posisi level 1.

“Selain waspada, kuncinya kita harus santai, rileks, happy, dan bersemangat supaya covid tidak masuk ke badan kita. Pastinya, harus tetap pakai masker,” imbaunya. 

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Sri Handono Suparmadi mengatakan dari 18 kelurahan, hanya lima kelurahan yang terdapat kasus aktif covid-19 yakni di Batu 9 4 kasus, Kemboja, Kampung Bulang, Tanjunpinang Barat, dan Air Raja masing-masing satu kasus. 

“Sementara, kelurahan lainnya nol kasus. Empat orang itu telah menjalani isolasi terpadu di villa lohas dan empat orang lagi isoman,” ucapnya

Editor: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *