oleh

Layanan Medis Mobile dan Trauma Healing YBSI-NU Tanjungpinang ke Pengungsi Erupsi Semeru Diapresiasi

Lumajang, Kepridays.co.id-Sejak awal erupsi Semeru ( 4/12/2021), Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku ( YBSI) bersama dengan Tim LKNU Lumajang, NU Peduli Lumajang dan Dinkes Kota Lumajang, didukung PC NU Tanjung Pinang bergerak untuk memberikan perhatian pada korban dan masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Antara lain dengan mendirikan Posko layanan kesehatan medis dan trauma healing di dua lokasi yaitu Desa Kunir Kecamatan Candipuro dan Desa Sumber Mujur Kecamatan Penanggal Lumajang. Tim yang berada di posko memberi pelayanan kesehatan umum, obat obatan dan konsultasi. Namun terbatas dalam tim kecil sebagai tim aju/awal.

Adapun kegiatan yang terdiri dari tim besar sebanyak 25 orang dengan diawaki oleh dokter spesialis, dokter umum, perawat emergency dan psikolog, mulai bekerja tanggal 19 sampai 23 desember 2021.
Diawali dengan kegiatan Baksos Peduli Erupsi Semeru Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI) yang menggelar psikoterapi dan cek kesehatan gratis untuk korban erupsi Semeru pada Senin, (20/12/2021) di Balaidesa Kunir Lor Kecamatan Kunir Lumajang.

Acara yang yang diikuti ratusan pengungsi asal Desa Sumberwuluh Candipuro ini dihadiri pemerintah desa setempat, elemen NU Peduli dari Keaematan Kunir juga puluhan tim kesehatan dan psikolog dari YBSI dan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Lumajang.

Relawan NU Peduli H.Wendra wijaya menuturkan, cek kesehatan dan psikoterapi menjadi prioritas utama pasca bencana dan secara bertahap akan terus dilakukan.
“Tahap awal yang penting dilakukan adalah evakuasi, setelah itu yang menjadi perhatian adalah kondisi kesehatan dan psikologis para penyintas,” ungkap Wendra yang juga ketua Pengurus Cabang (PC) LKNU Lumajang ini.

Dirinya menambahkan, bersama YBSI nantinya berharap dapat mendirikan fasilitas kesehatan di sekitar Hunian Sementara (Huntara) yang dalam waktu dekat akan segera dibangun di Desa Sumbermujur Candipuro.
“Kita sudah konsultasi dan koordinasi dengan pemerintah untuk hal itu,” imbuhnya.

Sedangkan Hj Virly Mavitasari Ketua umum YBSI mengatakan bahwa setelah dari Kunir akan melanjutkan ke posko pengungsian lainnya di Candipuro, antara lain desa Sumber Mujur Kec Penanggal Candipuro.
“Relawan medis YBSI yang terdiri dari dokter, perawat, psikiater dan psikolog akan memberi layanan mobile yaitu mengunjungi rumah rumah pengungsi. Selain memberi layanan medis, kami juga bantuan dan bentuk dana untuk para pengungsi dan bingkisan sekitar 300 paket untuk beberapa lokasi selama 3 hari kegiatan sampai tanggal 23.12.2021. Semoga apa yang sedikit yang bisa dilakukan oleh kami, akan dapat terasakan manfaatnya dan membawa berkah. Aamiin YRA ,” pungkasnya.

Pada momen tersebut YBSI melakukan pembagian ratusan paket sembako kepada seluruh pengungsi yang hadir titipan dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tanjungpinang Riau dan beberapa komunitas disana, serta para simpatisan tetap YBSI. (*)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *