oleh

Sidang Senat Terbuka STAI Natuna, Plt Kadisdik Kepri Sampaikan Orasi Ilmiah

Natuna, KepriDays.co.id -Sidang senat terbuka Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna berlangsung, Kamis 13 Januari 2022 di Kampus STAI Natuna.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Darson mewakili Gubernur Kepri didaulat menyampaikam orasi ilmiah di tengah wisudawan/wisudawati STAI Natuna.

Dalam orasinya, Darson menyampaikan beberapa hal menyangkut Aplikasi Nilai dan Spirit Enterpreneur (Kewirausahaan) berbasi Tamadun Melayu di Kalangan Kaum Milieneal.

Mengawali orasinya, Darson menjelaskan perkembangan ekonomi kreatif tidak terlepas dari generasi muda sebagai “Gudang” kreatifitas.

“Generasi muda adalah sumber daya produktif yang dengan ide kreatifnya dapat membuka sebuah usaha, “ungkap Darson.

Usaha atau wirausaha itu katanya dapat membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran pada angkatan kerja produktif.

Dengan gamblang eks guru SMA 4 Tanjungpinang ini salah satu bentuk kreatifitas itu adalah enterprenur atau kewirausahaan.

Ia menjelaskan kewirausahaan adalah kemampuam kreatif dan inovatig yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang sukses.

“Memiliki jiwa enterprneur berarti mendorong adanya mental yang mandiri, kreatif, inovatif, bertanggungjawab, disiplin dan tidak mudah menyerah. Seperti layaknya seorang wirausahan ketika memulai usaha dari bawah, “bebernya.

Darson juga menyinggung kewirausahaan merupakan suatu bentuk kemampuan menciptakan nilai tambah di pasar, melalui proses pengelolaan sumber daya.

“Pengelolaan sumber daya itu melalui cara-cara baru dan berbeda seperti, pengembangan teknologi, penemuan pengetahuan ilmiah, perbaikan produk barang dan jasa yang ada, “katanya.

Tidak lupa sambunngnya dengan cara-cara baru untuk mendapatkan produk yang lebih banyak dengan sumber daya yang lebih efisien.

Pada kesempatan itu, di hadapan wisuda sarjana ke-14 STAI Natuna, Darson berharap dapat menghasilkan kader-kader enterprenurship generasi milienial yang andal dan bertamadun Melayu dalam membangun negeri.

“Kita bersyukur para sarjanawan di Natuna diharapkan dapat meninhkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), “harapnya.

Dijelaskan Darson secara nasional, rata-rata IPM 2020 adalah 70,97. “Sedangkan rata-rata IPM Natuna 2022 adalah 71, 85 . Dan Provinsi Kepri 74,68, “sebutnya.

Editor: Roni



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *