oleh

7 Tips Beli Barang Elektronik Online Agar Aman

Tanjungpinang, KepriDays.co.id – Melakukan transaksi beli barang elektronik online terpercaya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Pasalnya, di zaman serba digital saat ini memang terdapat berbagai kemudahan dalam hal belanja barang elektronik melalui sosial media.

Namun, meskipun begitu jangan lupa untuk memastikan barang yang Anda beli memiliki kualitas bagus. Jangan sampai Anda menyesal setelah menerima barang elektronik tersebut. Berikut ini adalah tips membeli barang elektronik secara online.

7 Tips Membeli Barang Elektronik Secara Online Saat Harbolnas

Makin berkembangnya dunia online, membuat konsumen juga mulai beralih ke belanja online. Oleh karena itu, toko-toko pun mulai beralih ke e-commerce. Kemudahan yang didapat karena tak perlu berdesakan atau keluar rumah membuat toko online makin menjamur.

Namun, toko online juga memiliki kekurangan di mata konsumen. Hal yang sering terjadi adalah barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang ditampilkan di gambar iklan. Ini dirasa sangat merugikan konsumen, akibatnya penilaian di e-commerce menjadi jelek.

Was-was belanja di toko online? Pasti. Apalagi kalau Anda berencana membeli barang elektronik. Bagaimana kalau ternyata barang yang datang berbeda, atau tiba dalam kondisi rusak dan tidak bisa digunakan lagi?

Nah, berikut ini adalah 7 tips membeli barang elektronik secara online saat Harbolnas.

1. Lakukan Pengamatan Sebelum Membeli

Sebelum memutuskan membeli barang elektronik yang menjadi incaran Anda, lakukan pengamatan terlebih dahulu. Buat daftar nama barang elektronik dan harganya, bandingkan dengan kualitas, merek, dan juga harga dari barang yang sama di beberapa toko.

2. Cek Spesifikasi Barang Elektronik yang Akan Dibeli

Ketika ingin membeli barang elektronik secara online, Anda harus memastikan bahwa Anda sudah benar-benar membaca spesifikasi dari barang yang akan dibeli. Karena gambar saja tidak bisa menjamin barang tersebut sesuai dengan spesifikasi yang Anda butuhkan saat ini.

Jangan sampai, hanya dengan berbekal gambar, Anda salah membeli barang elektronik yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang Anda cari atau butuhkan. Tentu saja hal tersebut akan membuat Anda kecewa dan merasa dirugikan.

3. Cek Kredibilitas Toko Online

Sebelum memutuskan membeli barang elektronik, cek terlebih dahulu kredibilitas toko yang akan Anda pilih. Anda bisa mengunjungi beberapa toko untuk beli barang elektronik online terpercaya.

Lihat juga berdasarkan review yang diberikan oleh customer lain yang sudah terlebih dahulu membeli sebelum Anda. Biasanya, toko-toko yang sudah terpercaya akan mendapatkan tanda bintang di marketplace tertentu. Pastikan toko online yang menjadi sasaran sudah mendapatkan status terpercaya dari marketplace.

4. Pastikan Ada Garansi

Satu hal yang tidak kalah penting dan tidak boleh dilupakan adalah, memastikan garansi dari barang yang Anda beli. Tidak hanya garansi toko, tapi juga garansi dari vendor barang elektronik tersebut.

Jangan sampai Anda membeli barang elektronik tanpa garansi, hal ini akan sangat merugikan sebagai konsumen. Jika nantinya terjadi kerusakan pada barang elektronik yang dibeli, tidak ada jaminan servis dan Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaikinya.

5. Pilih Merek yang Memang Sudah Terbukti Bagus

Tidak ada salahnya memilih merek lain. Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan pemilihan merek ini ketika akan membeli barang elektronik. Alih-alih mendapatkan barang berkualitas, Anda justru menerima barang yang jelek.

Pemilihan merek ini dilakukan agar Anda mendapatkan produk yang benar-benar berkualitas dan terjamin. Jika sudah yakin dengan kualitas barang dari merek tersebut. Setidaknya Anda sudah mengurangi risiko menerima barang yang salah walau dibeli secara online.

6. Pastikan Barang Elektronik yang Anda Beli Original

Selain memperhatikan spesifikasi, garansi, dan merek, Anda juga harus memastikan bahwa barang elektronik yang Anda beli adalah barang original. Pasalnya, tidak sedikit juga pedagang atau toko online menjual barang tiruan alias KW.

Pastikan barang tersebut memiliki official store untuk memastikan keasliannya. Lihat juga review yang didapat toko online tersebut. Apabila tidak ada komplain dari pelanggan, artinya barang yang dijual bagus dan original.

7. Jangan Tergiur Godaan Toko Elektronik Murah

Satu hal yang paling sering menggoda calon konsumen ketika akan membeli barang adalah harga yang murah. Apalagi jika barang elektronik tersebut benar-benar sedang Anda butuhkan saat ini.

Namun, harga murah bukan jaminan barang elektronik tersebut juga bagus. Maka, jangan mudah tergiur dengan godaan iklan toko elektronik murah yang bertebaran di marketplace.

Pastikan terlebih dahulu semua bahwa toko yang akan menjadi tujuan Anda adalah toko yang dapat dipercaya. Anda bisa melihat juga berapa jumlah barang yang terjual di toko ini. Hal ini bisa menjadi salah satu indikasi bahwa toko tersebut terpercaya karena dikunjungi banyak pelanggan.

Salah satu marketplace yang bisa menjadi tujuan membeli barang elektronik adalah Blibli.com. Di sini, banyak sekali toko elektronik terlengkap yang dapat dipercaya. Apalagi dengan adanya Promo 4.4, tidak hanya barang berkualitas yang akan Anda dapatkan, tetapi juga harga yang murah dan terjangkau.

Blibli.com merupakan marketplace terbesar, terlengkap, dan terpercaya. Disini juga berkumpul banyak toko online yang bisa menjamin barang elektronik yang dibeli original, harga bersaing, dan spesifikasinya bagus.

Meski begitu, pastikan untuk tetap memperhatikan beberapa spesifikasi barang yang Anda beli. Jika mengambil barang elektronik, jangan lupa menambahkan bubble wrap pada pesanan Anda. Melakukan transaksi beli barang elektronik online terpercaya, di Blibli solusinya.

Editor: Roni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *