oleh

Mewujudkan Merdeka Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi

Oleh: Siti Markhamah, S.Pd.
Calon Guru Penggerak Angkatan V Kota Tanjungpinang

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada guru untuk memilih perangkat ajar sesuai kebutuhan dan memberikan keleluasaan kepada siswa untuk merdeka belajar. Merdeka Belajar sendiri merupakan filosofi yang berasal dari pemikiran Ki Hajar Dewantara. Bapak Pendidikan Nasional Indonesia ini mengatakan bawa pada dasarnya setiap anak terlahir dengan membawa kodrat masing masing, setiap anak adalah unik dengan bakat dan minat serta kecenderunganya tersendiri.

Menurut Ki Hajar Dewantara tugas seorang pendidik adalah menuntun agar peserta didik bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodrat yang dimilikinya. Peserta didik diibaratkan sebagai sebuah benih dan pendidik adalah seorang petani. Untuk menumbuhkan benih yang baik menjadi lebih baik, dan menumbuhkan benih yang kurang baik menjadi subur dan bernas tentunya seorang petani harus menggunakan metode dan cara penanganan yang tepat. Demikianlah halnya dengan guru yang berperan sebagai penuntun tentu saja harus menggunakan metode dan cara yang sesuai dengan karakteristik, dan keunikan peserta didiknya agar kebutuhan belajar murid dapat terpenuhi.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah solusi bagi guru untuk memenuhi kebutuhan belajar murid yang beragam. Hal pertama yang harus dilakukan dalam pembelajaran berdiferensiasi adalah memetakan kebutuhan belajar murid berdasarkan kesiapan belajar (radiness), minat, dan gaya belajar (profile).

Hasil pemetaan tersebut dapat digunakan oleh guru dalam membuat rancangan pembelajaran sehingga konten yang akan digunakan, proses yang akan dilaksanakan, dan produk yang akan dihasilkan oleh siswa sesuai dengan kebutuhan belajar masing-masing. Dengan demikian, kebutuhan belajar masing-masing murid akan terpenuhi, siswa belajar dengan gembira, hasil belajar lebih optimal dan kemerdekaan belajar benar-benar dapat terwujud.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *